Timnas Indonesia

Persiapan Hadapi Indonesia, Filipina Proses Naturalisasi 8 Pemain Keturunan



NOBARTV.CO.ID Filipina naturalisasi pemain jelang hadapi Indonesia, Timnas Filipina melakukan persiapan maksimal jelang laga 2026 kontra Indonesia. Dikabarkan, Federasi Sepakbola Filipina tengah melakukan proses naturalisasi kepada 8 pemain keturunan jelang laga lawatannya itu.

Bulan depan, akan akan memainkan dua laga terakhir dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Bagi skuad Garuda, anak asuh Shin Tae-yong itu akan bertemu Timnas Filipina dan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta. Dua laga ini cukup penting karena langkah skuad Garuda di ronde berikutnya akan sangat ditentukan dari dua laga ini.

Bila mampu meraih satu kemenangan saja atas Irak ataupun Filipina, maka Ivar Jenner dkk dipastikan melaju ke babak selanjutnya (ronde ketiga). Kemungkinan itu hampir pasti terjadi karena saat ini, Timnas Indonesia berada di peringkat kedua klasemen sementara grup F dengan catatan 7 poin. Adapun di posisi terdekatnya yakni Vietnam, skuad berjuluk The Golden Star Warriors itu baru mendapat 3 poin saja.

Baca Juga:  Ramadhan Sananta Bongkar Drama Adu Penalti Indonesia vs Korea Selatan, Apa Katanya?

Maka demikian, cukup dengan satu kemenangan lagi (sehingga poin jadi 10), maka posisi Timnas Indonesia di peringkat kedua dipastikan tidak akan tergusur. Vietnam dengan dua kemenangan sisa pun tidak akan bisa mengkudeta posisi Indonesia sehingga skuad Garuda dipastikan melaju ke babak kualifikasi berikutnya.

Alhasil, bagaimanapun usaha Vietnam dan Filipina di dua laga sisa nanti, hal itu tidak akan berpengaruh terhadap posisi Timnas Indonesia bila skuad Garuda mampu mencatat satu kemenangan saja. Tapi menariknya, meskipun Filipina yang berstatus sebagai juru kunci grup F ini tidak terlalu diunggulkan dalam dua pertandingan sisa grup F, namun kenyataannya mereka tengah mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Artinya, Filipina – walaupun peluangnya sangat tipis untuk lolos ke ronde ke-tiga, namun skuad berjuluk The Azkals ini tetap mempersiapkan tim-nya dengan penuh perjuangan. Salah satunya adalah dengan cara melakukan proses naturalisasi besar-besaran.

Dijadwalkan, Filipina – dalam dua pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia bulan Juni ini akan berhadapan dengan Timnas Indonesia dan Vietnam. Laga melawan Indonesia akan tersaji pada 11 Juni 2024. Dan jelang duel tersebut, tersebar kabar kalau Federasi Sepakbola Filipina tengah melakukan proses naturalisasi kepada 8 pemain sekaligus. Berita ini dikemukakan oleh media asal Filipina bernama Spin.ph.

Baca Juga:  Pelatih Suwon Ungkap Alasan Belum Pernah Mainkan Pratama Arhan

Persiapan Hadapi Indonesia, Filipina Proses Naturalisasi 8 Pemain Keturunan
Salah satu pemain yang akan dinaturalisasi sebagai pemain Timnas Filipina (sumber: IG @raphael.obermair)

“Pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, mengatakan beberapa pemain keturunan kemungkinan besar akan datang untuk dua laga terakhir Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 atau Piala Asia 2027,” bunyi pemberitaan Spin.ph.

Kedelapan pemain yang digadang-gadang akan menjadi punggawa Filipina tersebut adalah Raphael Obermair, Anthony Markanich, Josep Baacay, Zico Bailey, Dylan Demuynck, Johannes Selven, Bjorn Martin Christensen, dan Adrian Ugelvik.

“Prosesnya sudah mencapai 90%. Secara teori, paspor untuk para pemain ini sudah bisa siap untuk pertandingan pada Juni mendatang,” kata pelatih Filipina, Saintfiet dalam sebuah wawancara terbarunya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid