Timnas Indonesia

Pelatih Gillingham Soal Pemanggilan Elkan Baggott ke Timnas Indonesia: Klub Tidak Harus Melepas Pemainnya!



NOBARTV NEWS – Usai membesut U-20 dalam TC di Eropa, STY langsung terbang ke Inggris guna menemui manajemen klub Gillingham FC. Di sana, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu bernegosiasi terkait kemungkinan Elkan Baggott bisa membela Timnas Indonesia di 2022.

Diketahui, Baggott menjadi salah satu pemain abroad yang turut dipanggil (lagi) untuk turun di Piala AFF 2022. Sebelumnya, bek tengah andalan Shin Tae-yong ini juga ikut di edisi sebelumnya. Bahkan, di Piala AFF 2020 kemarin, Elkan turut mencetak satu gol dalam babak grup ketika berjumpa sang rival Malaysia. Saat itu, Garuda Indonesia sukses melumat Malaysia 4-1.

Dan kini, STY kembali membutuhkannya. Bahkan, tidak hanya Baggott saja, seluruh pemain inti Timnas Indonesia juga dipanggil Shin tanpa terkecuali. STY ingin membalas kesalahan yang ia lakukan di edisi sebelumnya. Sebagaimana diketahui, di Piala AFF 2020 kemarin, Elkan Baggott dkk hampir saja merengkuh gelar pertamanya – namun sayang, mereka tunduk di hadapan Thailand di partai final.

Baca Juga:  Bebas dari Hukuman, Sananta Bisa Dimainkan di Laga Indonesia vs Korea Selatan

Atas dasar itu, Shin pun bergerak cepat usai melakukan TC bersama Garuda muda. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu langsung bergegas menuju Inggris guna menemui manajemen klub Gillingham FC.

Dalam perjalanannya ke Inggris, Shin ditemani oleh salah satu asistennya. Di klub berjuluk The Gills itu, Shin langsung disambut oleh Elkan dan juga sang manajer Neil Harris. Bahkan, STY menyempatkan diri hadir dalam sebuah laga yang dilakoni Gillingham.

“Pergi ke London dari Spanyol untuk menonton pertandingan tandangnya Elkan pada tanggal 22,” tulis STY di akun media sosialnya.

“Sekalian kunjungan dan meeting dengan tim Elkan (Gillingham FC) mengenai pemanggilan timnas untuk Piala AFF pada tanggal 23,” tambahnya.

Usai pertemuan tersebut, Neil Harris memaparkan hasil meeting yang ia lakukan dengan Shin. Untuk diketahui, Shin saat ini sudah berada di Belgia dalam rangka yang sama. Yaitu membujuk KV Mechelen agar mau melepas Sandy Walsh untuk tampil di Piala AFF 2022.

“Tidak ada jendela UEFA/FIFA yang akan datang hingga Maret, meskipun jelas kami memiliki Piala Dunia saat ini,” ujar Harris.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Kata Harris, jika PSSI ingin menggunakan jasa Elkan, maka ia (PSSI) harus berdiskusi juga dengan Ipswich. Sebab Ipswich merupakan klub utama Baggott. Di Gillingham, Baggott hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dan akan kembali ke klub League One itu di akhir musim ini.

“Elkan adalah pemain kami, jika dia dipanggil oleh tim nasionalnya maka diskusi akan selalu dilakukan dengan dia dan Ipswich, sebagai klub induknya.”

“Kami sangat menghormati itu,” tegas Neil Harris.

Untuk diketahui, Piala AFF 2022 akan berbenturan dengan beberapa laga yang dilakoni Gillingham. Bahkan, beberapa hari sebelum bergulirnya Piala AFF 2022, The Gills akan berjumpa Wolverhampton Wanderers di babak 16 besar Piala Liga. Mengingat Piala AFF bukanlah agenda resmi FIFA, Neil menyebut klub berhak untuk menolak jika pemainnya mendapatkan panggilan dari tim nasionalnya.

“Kami mengetahui turnamen Asia Tenggara (Maksudnya AFF) selama periode Natal dan Tahun Baru dan diskusi akan dilakukan dengan Ipswich dan Elkan.”

“Tetapi pada akhirnya klub tidak harus melepas pemain,” tutupnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

6 Comments