Timnas Indonesia

Soal Kesehatan Pemainnya, Dokter Timnas Indonesia Sebut STY seperti Dosen, Apa Artinya?



NOBARTV.CO.ID STY seperti dosen, Sebuah kesaksian diberikan oleh Dokter Alfan Asyhar. Ia menyebut Shin Tae-yong seperti seorang dosen jika menyangkut kesehatan anak asuhnya.

Alfan Asyhar adalah salah satu tim kedokteran yang diberikan kesempatan untuk mengabdi pada Timnas Indonesia. Oleh PSSI, ia diberikan kepercayaan untuk membersamai skuad Garuda di berbagai kesempatan. Di saat pemusatan latihan, di hotel, hingga di pertandingan penting, Alfan Asyhar selalu membersamai anak asuh Shin Tae-yong itu.

Kebersamaan Alfan dengan skuad Garuda Indonesia membuat ia tahu banyak sisi lain tentang mereka. Bahkan, kebiasaan dan cara sang pelatih Shin Tae-yong untuk urusan kesehatan anak asuhnya juga diketahui oleh dokter asal DIY Yogyakarta ini.

Kata Alfan, pelatih asal Korea Selatan itu sangat serius untuk memperhatikan kesehatan anak asuhnya. Bahkan, kata Alfan, Shin Tae-yong seperti seorang dosen jika menyangkut dengan kesehatan anak asuhnya itu. Mengapa Alfan berkata demikian?

Baca Juga:  STY Jelang Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Bahagia Kalahkan Tim yang Lebih Kuat

Setiap menjelang pertandingan, kata Alfan, Shin selalu mengecek kondisi anak asuhnya satu persatu. Jika ia mendapati anak asuhnya dalam keadaan kurang fit, maka ia akan mencecar mereka alasan di balik kondisinya tersebut. Tak cuma kepada pemain, tim kedokteran – yang diisi oleh Alfan juga menjadi sasaran pertanyaan dari Shin Tae-yong. Biasanya, Shin mencecar dengan beragam pertanyaan apabila ia melihat kondisi pemain tidak sesuai dengan laporan yang diterimanya.

Soal Kesehatan Pemainnya, Dokter Timnas Indonesia Sebut STY seperti Dosen, Apa Artinya?
Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Pelatih juga jeli melihatnya, kita laporan pasti dicecar terus kok,” cerita Dokter Alfan dilansir dari Youtube Si Paling Timnas.

“Karena kondisi pemain tidak sesuai dengan yang dilihat,” ujarnya menambahkan.

Oleh sebab itu, Shin tahu apabila ada pemain yang sedang dalam kondisi tidak prima namun ia tetap memaksa untuk tampil di pertandingan. Kata Alfan, Shin adalah sosok orang yang sangat kritis.

Baca Juga:  Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia: Tidak Ada Grup Mudah untuk Timnas Indonesia

“Jajaran pelatih, terutama Shin Tae-yong beliau ini kritis,” tegasnya lagi.

“Kita ibaratkan seperti seorang dosen, kalau kita nggak punya jawaban, kita bohong pasti ketahuan (sama dia). Karena dia tahu, dia detail banget. itu hal yang saya ambil selama ini,” pungkasnya.

Terdekat, Timnas Indonesia akan tampil di 2026 menghadapi Irak dan Filipina. Alfan kemungkinan besar akan kembali dipercaya untuk mendampingi skuad Garuda. Sementara itu, Shin Tae-yong sendiri telah memanggil 22 pemain untuk ikut serta dalam dua pertandingan penting yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) itu.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid