Timnas Indonesia

Pelatih Suwon Ungkap Alasan Belum Pernah Mainkan Pratama Arhan



NOBARTV.CO.ID Pelatih ungkap alasan belum mainkan Arhan, Salah satu dari sekian pemain abroad Pratama Arhan kini sedang menjadi sorotan banyak orang. Pasalnya, sejak hijrah ke klub Korea Selatan Suwon FC, ia tak pernah mendapatkan kesempatan untuk bermain. Atas hal itu, sang pelatih mengungkapkan alasannya.

Di tahun 2024 ini, lebih dari 10 pemain abroad Indonesia yang bermain di luar negeri. Mereka tersebar dari benua Eropa, Amerika, hingga Asia. Di Asia saja, terdapat lima pemain yang tercatat membela klub luar negeri. Mereka adalah Justin Hubner (Cerezo Osaka), Jordi Amat (), Saddil Ramdani (Sabah FC), Bahar (Port FC), dan terakhir Pratama Arhan (Suwon FC).

Dari sekian banyaknya pemain yang meniti karier di benua Asia di luar itu, hanya Pratama Arhan yang mengalami nasib kurang baik. Pasalnya, Arhan sejak didatangkan oleh Suwon belum pernah bermain sampai saat ini. Mirisnya lagi, di klub sebelumnya yakni Tokyo Verdy, Arhan mengalami nasib serupa.

Baca Juga:  FIFA Analisis Peluang Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026

Saat ini, Liga Korea Selatan musim 2024 sudah mencapai matchday ke-13. Dalam tiga laga awal Suwon di musim ini, wajar jika Arhan tak dimainkan. Pasalnya, dalam tiga pertandingan awal ini, Arhan baru kembali dari Timnas Indonesia usai bertanding di Piala Asia 2023 di Qatar.

Sayangnya, untuk pekan ke-empat dan seterusnya (sampai saat ini), Arhan seharusnya sudah mencatatkan debutnya dengan klub barunya itu. Arhan memang sempat membela Timnas Indonesia lagi di even Piala Asia U23 2024. Tapi dengan Suwon yang sudah memainkan 13 pertandingannya, ditambah dengan fakta bahwa Arhan adalah pemain berlabel Timnas Indonesia, maka sangat aneh ketika melihat dirinya justru tidak pernah dimainkan. Bahkan, untuk masuk ke dalam daftar pemain cadangan pun Arhan belum pernah.

Atas hal tersebut, pelatih Suwon Kim Eun-jung pun angkat bicara. Sang pelatih mengungkapkan alasannya tak kunjung memainkan fullback kiri Timnas Indonesia tersebut.

Baca Juga:  Segrup dengan Indonesia, Australia Pede Lolos ke Piala Dunia 2026

Pelatih Suwon Ungkap Alasan Belum Pernah Mainkan Pratama Arhan
Sesi pemotretan Pratama Arhan (sumber: IG @suwonfc)

Kata Kim, Arhan sejatinya akan menjalani debutnya dengan Suwon beberapa waktu lalu. Akan tetapi, ketika ia ingin memainkan sang pemain, Arhan saat itu tengah dalam kondisi yang sangat tidak fit (kelelahan) usai tampil di Piala Asia U23 dan berlanjut ke play off Olimpiade Paris 2024.

“Arhan dalam kondisi baik sebelum Kualifikasi Olimpiade (Piala Asia U-23 2024). Lalu dia memainkan banyak laga sehingga membutuhkan banyak energi,” kata Kim Eun-jung dilansir dari media Korea Selatan, .

“Pelatih Shin Tae-yong memanggil dia (ke Timnas Indonesia) jadi saya membantunya. Dia sangat kelelahan setelah playoff (Olimpiade 2024, ),” ucapnya menambahkan.

Atas dasar itulah, sang pelatih belum memainkannya. Padahal, Kim berencana untuk memberikan debut kepada Arhan usai laga play off Olimpiade Paris tersebut.

“Sayang sekali harus ada panggilan (Timnas Indonesia) di saat kondisinya sudah memungkinkan,” ucapnya memungkasi.

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul Pelatih Suwon Ungkap Alasan Belum Pernah Mainkan Pratama Arhan yang telah tim penulis NOBARTV.CO.ID ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming Bola - Nonton Film - Video Gol - Aplikasi Airdrop Kripto [ Follow Nobartv.co.id di Google News - WhatsApp Channel ]

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid