Timnas Indonesia

3 Skenario Indonesia Lolos ke Putaran Ke-tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026



NOBARTV.CO.ID 3 skenario Indonesia lolos, Laga 2026 zona Asia ronde kedua grup F tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. Lewat dua pertandingan tersebut, skuad Garuda memiliki tiga skenario untuk bisa lolos ke putaran berikutnya.

Bulan depan, skuad Garuda Indonesia akan memainkan dua pertandingan penting. Dua laga tersebut tersaji dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua grup F. Dan di kedua laga itu, Marselino Ferdinan dkk akan berhadapan dengan Timnas Irak dan Filipina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta

Lewat dua pertandingan ini, langkah skuad Garuda di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan ditentukan. Lolos tidaknya skuad Garuda akan bergantung dari laga tersebut.

Jadi, untuk saat ini, sudah mengemas 7 poin dari empat pertandingan yang telah dimainkan. Jumlah poin tersebut membuat anak asuh Shin Tae-yong itu bertengger di peringkat kedua klasemen sementara grup F di bawah Irak. Adapun di posisi ketiga, Timnas Vietnam baru mencatatkan tiga poin saja.

Baca Juga:  Media Malaysia Soroti Sindiran Justin Hubner kepada Pemain Keturunan

3 Skenario Indonesia Lolos ke Putaran Ke-tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi gol dari beberapa pemain Timnas Indonesia (sumber: IG @timnas.indonesia)

Lantas, bagaimana cara Timnas Indonesia bisa lolos ke ronde ke-tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia? Berikut tiga skenarionya:

Indonesia menang

Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan saja untuk bisa lolos ke putaran berikutnya. Mengingat skuad Garuda saat ini sudah mendapat 7 poin, maka satu kemenangan lagi membuat mereka akan mendapat 10 poin. Jumlah poin ini tidak akan terkejar oleh Vietnam walaupun skuad berjuluk The Golden Star Warriors itu selalu meraih kemenangan dua kali berturut-turut.

Indonesia imbang

Indonesia bisa lolos ke putaran ketiga cukup dengan satu kali bermain imbang. Akan tetapi, hasil imbang ini perlu dibarengi dengan hasil pertandingan tim lain.

Hasil imbang satu kali Indonesia harus dibarengi dengan Timnas Vietnam yang juga menelan kekalahan satu kali. Jika skenario ini terjadi, maka poin Timnas Indonesia menjadi 8 (imbang satu dan kalah satu kali) dan Vietnam 6 (menang satu dan imbang satu kali) dari dua laga tersisa.

Baca Juga:  Persiapan Garuda Asia untuk Piala AFF U16 2024 Capai 75 Persen

Tergantung Vietnam

Indonesia bisa lolos walaupun skuad Garuda meraih hasil buruk (selalu kalah) di dua laga tersisa. Akan tetapi, skenario ini sangat bergantung dari hasil pertandingan yang dimainkan oleh Timnas Vietnam.

Jadi, apabila Indonesia selalu menelan kekalahan di dua laga sisa sehingga membuat poin mereka tetap 7, maka peluang untuk bisa lolos ke putaran berikutnya adalah tergantung dari hasil pertandingan Vietnam. Pertama, Vietnam bermain imbang dua kali dan kedua Vietnam cuma menang satu kali dan di laga lainnya mereka menelan kekalahan. Jika tidak, maka Vietnam lah yang lolos ke putaran berikutnya.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid