Timnas Indonesia

Shin Tae-yong Sebut Psikologis Skuad Garuda Mulai Capek dan Lelah



NOBARTV.CO.ID Psikologis skuad Garuda terganggu, Pelatih U23 Shin Tae-yong menyebut psikologis anak asuhnya tidak baik-baik saja. Hal itu diungkapkan Shin di tengah sesi latihan jelang duel melawan Guinea U23 2024.

Enam pertandingan di waktu berdekatan baru saja dimainkan oleh Timnas Indonesia. Keemam laga tersebut dimainkan pada ajang Piala Asia U23 2024 dengan rincian tiga laga fase grup, satu perempatfinal, satu semifinal, dan satu laga perebutan tempat ketiga.

Bahkan, dua dari enam pertandingan tersebut diselesaikan skuad Garuda hingga waktu 120 menit alias extra time. Alhasil, tenaga beberapa pemain – yang selalu menjadi andalan di beberapa laga tersebut sudah tentu terkuras habis. Bayangkan, ratusan menit itu dimainkan tidak lebih dari setengah bulan.

Dari enam pertandingan tersebut, skuad Garuda tidak cuma mengalami rasa kelelahan saja. Mereka juga harus menerima fakta bahwa perjuangan mereka di Piala Asia U23 ini tidak sebanding rasa lelah yang didapatkan. Pasalnya, Olimpiade Paris 2024 yang diincar skuad Garuda muda lewat Piala Asia U23 hangus begitu saja. Tidak selesai sampai di situ, di balik rasa kecewa dan lelah itu, para pemain harus kembali memainkan laga play off untuk bisa tampil di ajang tersebut. Maka tidak heran bila perasaan, emosi, serta fisik para pemain sudah sangat menurun untuk saat ini.

Baca Juga:  Menpora Usahakan Calvin Verdonk dan Jens Raven Debut di Laga kontra Irak

Atas dasar itulah, Shin Tae-yong beberapa waktu lalu menyebut fisik Ivar Jenner dkk sudah mulai lelah dan capek. Hal itu diutarakan Shin dalam sesi latihan jelang laga melawan Guinea di play off Olimpiade Paris 2024.

Shin Tae-yong Sebut Psikologis Skuad Garuda Mulai Capek dan Lelah
Ivar Jenner di laga melawan Irak (sumber: IG @timnas.indonesia)

“Karena letih jadi hanya latihan pemulihan fisik dan taktik sebentar. Memang kemarin kita perjalanan lumayan jauh,” papar Tae-yong sebagaimana dilansir laman resmi PSSI.

“Seperti apa yang Anda lihat. Jadi semua menggunakan jaket yang tebal, suhu lumayan dingin. Yang paling penting sebenarnya kontrol kondisi pemain. Jadi secara psikologis mulai capek, mulai lelah. Yang penting kita bisa kontrol kondisi pemain agar tetap bugar,” tambah pria asal Korea Selatan itu.

Tidak cuma secara fisik saja, namun kata Shin, skuad Garuda muda mengalami dua masalah lain. Dua masalah tersebut adalah kesulitan para pemain dalam istirahat dan memilih makanan.

Baca Juga:  Netizen Keluhkan Aksi ‘Cegil Fomo' Ganggu Pemain Timnas Indonesia

“Jadi memang ada kesulitan masalah makanan dan tidur. Karena kita juga buru-buru pesan hotel, dan lain-lain karena baru bisa dilakukan setelah selesai pertandingan kemarin di Doha. Jadi ada masalah sedikit,” ujarnya memungkasi.

Duel antara Indonesia vs Guinea sendiri akan digelar pada Kamis malam esok (09/05). Pemenang di laga ini berhak melaju ke Olimpiade Paris 2024 dan akan tergabung dalam grup A bersama Timnas Prancis (tuan rumah), Amerika Serikat, dan Selandia Baru.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid