Travel

5 Daya Tarik Wisata Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi Ketika Berlibur di Pacitan

Jelajahi ragam wisata Pacitan dan Kelezatan Kuliner Pacitan di Momen Liburanmu

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Pacitan yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur telah lama menjadi mutiara tersembunyi yang menyimpan berbagai potensi. Wisata Pacitan terkenal dengan potensi keindahan pantai-pantai yang dimilikinya dan telah menjadi jujugan para traveler baik domestik maupun mancanegara.

Tak hanya menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta petualangan alam, Pacitan juga memiliki berbagai daya tarik wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja daya tarik wisata Pacitan yang wajib kamu jelajahi ketika berlibur di Pacitan? Simak bersama NOBARTV.CO.ID!

Wisata Pantai

Ketika berlibur ke Pacitan, tentu saja hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah menikmati keindahan wisata pantai di Pacitan yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Terutama bagi kamu para penghobi selancar, Pacitan adalah pilihan tempat surfing holiday yang tepat. Ini karena beberapa pantai di Pacitan memang menawarkan ombak yang ideal untuk berselancar, contohnya Pantai Pancer Door, Pantai Watukarung dan Pantai Srau. Namun, bagi kamu yang ingin berwisata pantai untuk sekadar bersantai, bukan berarti tak ada pantai di Pacitan yang cocok untukmu, lho! Kamu bisa mengunjungi Pantai Klayar yang terkenal dengan senjanya yang indah juga fenomena seruling alami yang unik, yang tercipta akibat tekanan udara dalam lubang batu karang di tepi pantai.

Bertualang ke Goa

Puas menjelajahi keindahan pantai di Pacitan namun masih penasaran dengan keindahan wisata Pacitan lainnya? Kamu bisa menjajal pengalaman bertualang ke goa atau disebut juga caving. Pacitan memiliki beberapa goa alami yang terkenal dengan masing-masing keunikannya, seperti Goa Gong, Goa Tabuhan, Goa Kalak, Goa Selo Arum dan lain-lain. Masing-masing goa di Pacitan memiliki keunikannya sendiri. Misalnya saja Goa Gong yang memilki keindahan stalaktit dan stalakmitnya, atau Goa Tabuhan yang memiliki keunikan batu yang dapat bersuara seperti suara alat musik pukul jika ditabuh atau dipukul dengan benda keras.

5 Daya Tarik Wisata Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi Ketika Berlibur di Pacitan

Mengunjungi Museum

Tak cuma wisata alam berupa pantai dan goa, ragam wisata Pacitan juga dilengkapi dengan berbagai spot wisata sejarah yaitu museum. Terdapat beberapa museum di Pacitan yang wajib kamu kunjungi, seperti Museum Geopark Pacitan, Museum Song Terus, hingga Museum dan Galeri SBY ANI yang baru saja diresmikan pada tahun 2023 silam.

Jika kamu suka belajar tentang alam dan hal-hal yang bersifat prasejarah, kamu bisa mengunjungi museum Geopark Pacitan yang menyimpan berbagai literatur dan dokumentasi tentang alam dan berbagai temuan prasejarah. Begitu juga museum-museum lainnya yang memiliki kekhususannya, seperti museum Song Terus yang menyimpan jejak-jejak kebudayaan dan arkeologi dan museum SBY ANI yang didirikan oleh mantan presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, untuk mengabadikan karya-karya seni favorit SBY serta sebagai perwujudan cintanya kepada mendiang ibu negara Ani Yudhoyono.

Berburu Seafood

Ketika berlibur ke Pacitan yang terletak di kawasan pesisir selatan Jawa Timur tentu sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkan momen untuk berburu seafood dan menikmatinya sembari memandang keindahan laut selatan dengan ombaknya yang magis. Berbagai macam seafood seperti aneka ikan laut, udang, kepiting dan lobster bisa kamu nikmati di berbagai restoran ataupun warung makan di pinggir pantai dengan harga dan gaya olahan yang variatif. Bayangkan menikmati sajian ikan atau lobster bakar segar ditemani kesegaran angin laut di pantai Pacitan usai lelah bermain di tepi pantai. Hmm… nikmat, bukan?

5 Daya Tarik Wisata Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi Ketika Berlibur di Pacitan

Berbelanja Oleh-oleh Khas Pacitan

Hal selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah berbelanja oleh-oleh sebelum kamu mengusaikan momen liburanmu di Pacitan. Oleh-oleh khas Pacitan memiliki berbagai pilihan yang menjadi landmark wisata Pacitan, seperti cenderamata berupa kaos, gantungan kunci, mug dan sebagainya, juga berbagai makanan khas berbahan dasar olahan ikan, seperti abon tuna, tahu tuna, juga roti tuna floss roll yang rasanya sangat lezat.

Nah, bagaimana? Menarik bukan, ragam wisata Pacitan yang wajib kamu jelajahi? Mulai dari wisata pantai Pacitan dan wisata alam lainnya, wisata sejarah, wisata kuliner hingga wisata belanja, semuanya memiliki daya tarik yang sulit untuk ditolak selama kamu berlibur di Pacitan. Terlebih, Pacitan juga semakin menggencarkan penyediaan akomodasi yang mampu menjangkau berbagai segmen berupa homestay hingga hotel berbintang untuk memfasilitasi kebutuhan traveler yang ingin mengunjungi dan merasakan pengalaman liburan ke Pacitan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera atur perjalananmu untuk jelajahi pesona wisata Pacitan di momen liburanmu mendatang!

Demikian rangkuman info menarik dalam artikel berita berjudul 5 Daya Tarik Wisata Pacitan yang Wajib Kamu Jelajahi Ketika Berlibur di Pacitan yang telah tim penulis NOBARTV.CO.ID ( ) sarikan dari berbagai sumber terpercaya.

NOBARTV SPESIAL MENU : Streaming BolaNonton FilmVideo GolAplikasi Airdrop Kripto [ Follow Nobartv.co.id di Google NewsWhatsApp Channel ]

Ratna Satyavati

Jurnalis dan content writer, suka nonton film thriller psikologi, pecinta kucing yang hobi baking dan travelling ke desa-desa.