Timnas Indonesia

Daftar Manajer Timnas Indonesia di Berbagai Kelompok Umur

TOPIK BERITA :


NOBARTV.CO.ID Daftar manajer , PSSI lewat laman resminya mengumumkan daftar manajer untuk beberapa kelompok umur Timnas Indonesia.

Dalam sebuah tim, terdapat beberapa komponen yang terlibat di dalamnya. Begitupun dengan sebuah klub sepak bola. Di sana ada pemain yang terlibat langsung dalam pertandingan, ada pula pelatih yang bertugas memberikan instruksi kepada para pemain. Lalu ada juga menajer yang tak bisa dilepaskan dari sebuah tim tersebut. Baik tim tersebut berupa klub atau tim nasional.

Melansir Quora, manajer memiliki arti orang yang memiliki tugas beberapa hal. Seperti bertanggung jawab mengatur administrasi dan persiapan tim di luar lapangan, ttransfer pemain, mengatur fasilitas tim, makanan pemain, rencana jadwal pertandingan, dan hal administratif lain. Di Eropa, manajer dan pelatih biasanya dipegang oleh satu orang. Sehingga di dalam tugasnya, ia rangkap jabatan.

Di Timnas Indonesia sendiri, manajer yang ditugaskan oleh PSSI seringkali berubah. Tapi satu sosok yang biasa ditunjuk oleh PSSI adalah Sumardji. Sumardji di PSSI bertugas sebagai salah satu anggota ekskutif (Exco). Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai anggota Polri ini merupakan Ketua BTN (Badan Tim Nasional).

Baca Juga:  STY: Saya Bergetar Ditonton dan Dipanggil 80 Ribu Suporter Indonesia

Namun kemarin, PSSI lewat laman resminya akhirnya memilah manajer sesuai dengan kelompok umur yang dipegang.

Menariknya, PSSI tetap memercayakan Sumardji sebagai manajer Timnas Indonesia. Hanya saja, ia kini cuma bertugas sebagai manajer untuk Timnas Indonesia senior saja. Artinya, Sumardji bertanggung jawab penuh kepada hal-hal administratif serta persiapan Timnas Indonesia untuk tim senior itu. Bahkan, Sumardji pada beberapa waktu lalu mengaku telah menyiapkan pertandingan uji coba Indonesia vs Tanzania.

Daftar Manajer Timnas Indonesia di Berbagai Kelompok Umur
Sumardji dalam sebuah sesi wawancara (sumber: IG @pssi)

Sedangkan untuk Timnas Indonesia U-17 dan U-20, PSSI memilih Ahmad Zaki sebagai manajer. Sebelumnya, Ahmad Zaki merupakan Eks Bupati Tangerang. Namun demikian, Zaki memiliki beberapa pengalaman dalam dunia sepakbola. Bupati Tangerang dua periode ini tercatat sebagai owner Persita Tangerang dan pernah menjadi pembina Persikota Tangerang.

Baca Juga:  Justin Hubner Kagumi Taktik Shin Tae-yong: Dia Sangat Pintar!

Di luar itu, Zaki pernah membangun stadion mini di 29 kecamatan untuk mendukung olahraga dan melatih bibit muda sepak bola di Tangerang. Atas kiprahnya tersebut, PSSI memberikannya kepercayaan sebagai manajer untuk dua kelompok umur tim nasional tersebut.

“Saya tahu ini tim usia muda, tapi karena ekspektasi masyarakat yang tinggi, saya siap membantu tim nasional U-20 dan U-17 untuk meraih capaian terbaiknya,” terang Zaki beberapa waktu lalu.

Adapun untuk posisi manager timnas wanita senior, Erick Thohir memberikan kepercayaan tersebut kepada Galih Dimuntur Kartasasmita. Sedangkan Iwan Setiawan diminta sebagai asisten manajer timnas wanita dan junior.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid