STY Waspadai Dua Tim Terbaik di Piala AFF U-19
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Piala AFF akan tersaji kurang dari satu minggu lagi. Bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Vietnam di laga perdananya.

Bukan perkara mudah bagi Ronaldo Kwateh dkk. Menjalani laga perdana, mereka dihadapkan dengan tim kuat di grup A. Namun, armada Shin Tae-Yong tidak boleh lengah. Berbagai persiapan telah dilakukannya. Salah duanya adalah dengan melakukan uji coba dengan klub kontestan Liga Indonesia yakni Persija Jakarta dan .

Dalam kedua laga uji coba tersebut, Timnas tidak pernah menang. Bahkan, mereka tidak pernah mencetak satu gol pun. Ketika berhadapan dengan Persija, Timnas ditahan imbang 0 – 0. Di laga melawan , asuhan Shin Tae-Yong itu takluk dengan skor tipis 1 – 0.

Meski demikian, Shin Tae-Yong tetap memberikan apresiasi kepada anak asuhnya. Terutama ketika mereka dikalahkan oleh semalam. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku senang dengan performa anak asuhnya tersebut.

Berita Terkait:  Brylian Aldama Ungkap Kekurangan Timnas Indonesia

“Sangat senang karena performa pemain lumayan,” papar Shin Tae-Yong usai laga.

“Memang baru saja memasuki training camp beberapa hari, ya tapi secara organisasi menjadi baik, jadi saya senang,” ujarnya menambahkan.

Shin Tae-Yong Waspadai Timnas dan Vietnam

Terkait peta persaingan di grup A Piala AFF U-19, Shin Tae-Yong mewaspadai dua tim terkuat yakni dan Vietnam. Baginya, jika sudah mengalahkan dua tim tersebut, maka peluang Ronaldo Kwateh dkk untuk merengkuh gelar terbuka lebar. Terakhir, Timnas U-19 meraih gelar Piala AFF U-19 yakni pada tahun 2013. Saat itu, Timnas U-19 dimotori oleh pemain muda fenomenal, .

“Pastinya kami harus mempersiapkan diri dengan baik. Jadi, lawan Vietnam dan harus fokus, tidak boleh lengah karena kedua tim terkuat di ASEAN,” papar Shin Tae-Yong.

Skuad Timnas U-19 diuntungkan berkat kehadiran dua wonderkid muda mereka yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh. Kedua pemain tersebut sama-sama pernah mencicipi caps bersama Timnas Indonesia. Bahkan, keduanya turut serta dalam ajang – yang di mana Timnas Indonesia berhasil meraih perunggu usai mengandaskan Timnas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

Berita Terkait:  Mantan Asisten Shin Tae-Yong Bongkar Sisi Buruk Timnas Indonesia

“Pastinya (mereka) akan memberikan saran agar tim main lebih baik untuk melakukan mengorbankan diri dengan baik,” paparnya lagi.

Lebih lanjut, Shin Tae-Yong mengaku belum memutuskan siapa saja yang akan diikutsertakan dalam turnamen nanti. Namun yang pasti, dari 30 pemain yang telah dipanggil, 7 di antara mereka akan tersisih dari skuad Timnas U-19.

“Sampai saat belum tahu siapa yang akan dipilih. Mungkin tanggal 30 baru bisa ditentukan 23 pemain inti seperti apa,” tutup pelatih kelahiran Yeongdeok itu.