Media Luar Sebut Pelatih Vietnam Harus Belajar dari Sosok Shin Tae-Yong
Pelatih Vietnam dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Media Vietnam, Soha.vn takjub dan kagum kepada sosok pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong. Media tersebut secara terang-terangan mengatakan bahwa pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-Seo harus belajar dari sosoknya.

Penampilan gemilang Timnas Indonesia sejak diasuh Shin Tae-Yong membuat banyak pihak terpukau. Bukan dari kalangan penikmat sepakbola Indonesia saja, melainkan para pengamat sekaligus media tetangga.

Baru-baru ini, media yang berbasis di Vietnam itu memuji kemampuan serta taktik Shin Tae-Yong. Ia mengatakan kalau Park Hang-Seo harus belajar dari mantan pelatih Timnas itu.

Menurut Soha, ada dua hal yang membuat sepak bola Vietnam bisa berkembang. Pertama, berinvestasi di kompetisi dalam negeri dan menyekolahkan pemain bertalenta ke luar negeri.

Dua hal itu sudah masuk dalam Indonesia. Beberapa pemain Indonesia sudah disekolahkan di luar negeri. Seperti Mangkualam, Sulaeman, Maulana Vikri, dan terakhir ada Pratama Arhan.

Sedangkan, untuk Timnas Vietnam, semua pemainnya bermain di kompetisi lokal. Padahal, jika melihat permainannya selama Piala kemarin, penampilan mereka sungguh memukau. Mereka mampu mencapai babak semifinal.

Ketika menghadapi Timnas Indonesia di fase , Indonesia nyaris tak pernah menyerang. Bertubi-tubi gawang menjadi sasaran tembak Vietnam.

“Haruskah pelatih Park belajar dari pelatih Timnas Indonesia untuk membuka jalan bagi Vietnam berkarier di luar negeri?,” tulis Soha.

“Pelatih kepada Indonesia, Shin Tae-yong, mencoba mempomosikan banyak pemain Indonesia ke untuk bermain. Tentu yang paling diketahui adalah kepindahan Asnawi Mangkualam dari ke klub kasta kedua Liga Korea Selatan, Ansan Greeners,” tulis media tersebut.

Soha menyentil pemain muda Vietnam yang tidak berani mengambil tantangan.

“Shin Tae-yong menegaskan ketertarikan klub Korea terhadap pemain-pemain Indonesia murni karena kualitas. Ia secara pribadi hanya menjembatani kedua belah pihak untuk mencapai keinginan mereka,” tulisnya lagi.

Di samping itu, Soha mengapresiasi Shin Tae-Yong. Berkat dirinya, satu persatu, secara perlahan pemain muda Indonesia semakin banyak yang melangkah ke luar negeri.