NOBARTV NEWS – Tampil sebagai tuan rumah, nampaknya tak main-main dengan segala persiapan menyambut event akbar Piala Dunia , segala daya dan upaya di dedikasikan pemerintah setempat guna menyambut para tamu yang datang di November nanti.

jelas ingin menjaga gengsi mereka di mata dunia, apalagi ini kali pertamanya Piala Dunia akan di gelar di daratan Timur, punya segudang kekayaan jelas pemerintah tak ingin bekerja setengah-setengah.

satu yang menjadi fokus utama mereka adalah persiapan 8 stadion megah yang nantinya akan di gunakan sebagai venue dalam gelaran Piala Dunia November nanti.

Dari kedelapan stadion tersebut ada satu stadion yang punya kapasitas cukup besar dimana terdapat 80.000 kursi penonton, stadion ini nantinya akan dijadikan venue pembuka dan penutupan (laga Final) Piala Dunia serta beberapa pertandingan lainnya.

Lantas bagaimana gambaran lengkap stadion yang satu ini, berikut kami hadirkan ke hadapan anda profil Stadion Lusail yang akan menjadi satu venue di gelaran .

Berita Terkait:  Fakta Unik Piala Dunia 2022: Dari Stadion Ber-AC hingga Event Sepak Bola Termahal

Profil Stadion Lusail

Jelang putaran final yang berlangsung November nanti salah satu stadion yang cukup mencolok dari segi penampilannya adalah .

Tercatat, Lusail Stadium adalah stadion terbesar pada penyelenggaraan event empat tahunan di Qatar nanti. Lusail Stadium memiliki kapasitas 80 ribu tempat duduk, sebagaimana dikutip dari laman resmi FIFA.

Melansir dari laman Wikipedia, Stadion Lusail adalah sebuah stadion, taman, marina, pusat bisnis, taman hiburan yang berada di bagian utara Doha, Qatar. Stadion ini digunakan dalam penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Stadion ini didesain oleh Foster & partners berkapasitas 86.250 orang. Konstruksi stadion dikerjakan 2015 selesai tahun 2019. Setelah Piala Dunia, Stadion ini rencananya akan di desain ulang menjadi Stadion berkapasitas 20,000 penonton dengan ditambahkannya beberapa fasilitas seperti Restoran, tempat belanja, klinik dan sebagainya.

Desain Stadion Lusail

Intip Megahnya Stadion Lusail, Venue Terbesar di Gelaran Piala Dunia 2022 Qatar
Stadion Lusail, Venue Terbesar di Gelaran

Desain stadion ini diilhami dari cahaya dan bayangan yang menjadi karakteristik lentera fanar. Bentuknya yang menyerupai mangkuk merupakan simbol peradaban Islam dan Arab yang mulai berkembang di wilayah tersebut.

Berita Terkait:  Bawa Masalah Politik ke Pentas Piala Dunia 2022, Pemerintah Taiwan Kecam Panitia Penyelenggara

Bangunan super megah ini berada di pusat wilayah Lusail yang merupakan daerah baru yang baru dibangun dengan desain dan visi yang luar biasa.

Meski berada di wilayah super modern, akan tetapi pemerintah tak melupakan unsur kekayaan sejarah di sana. Qatar membangun Lusail dan Lusail Stadium ini dengan konsep ramah lingkungan.

Mereka tak melupakan ruang terbuka hijau yang juga menjadi perhatian besar pemerintah. Dengan konsep ramah lingkungan dan berkelanjutan ini membawa berkah tersendiri bagi Lusail Staidum.

Sebab, ia tak akan hanya digunakan sebagai stadion. Pasca-event Piala Dunia 2022 nanti, stadion ini bisa digunakan untuk tujuan-tujuan lain.

Dikutip dari laman Qatar 2022, stadion tersebut bakal menjadi wadah beragam komunitas dan kepetingan. Stadion tersebut nantinya bakal disulap menjadi sekolah, pertokoan, kafe, fasilitas olahraga dan kesehatan lainnya, luar biasa bukan!