Timnas Indonesia

Egy Pulang Kampung ke Indonesia, Begini Komentar Indra Sjafri



NOBARTV NEWS – Salah satu talenta terbaik milik Egy Maulana Vikri memutuskan untuk balik kampung ke Indonesia. Sebelumnya, ia membela tiga klub Eropa yang berbeda. Keputusannya tersebut membuat Indra Sjafri berkomentar.

Diketahui, Egy merupakan salah satu pesepakbola terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Ia selalu mendapatkan kesempatan dan kepercayaan oleh tim nasional meskipun dirinya tidak mendapatkan jam terbang yang banyak di luar negeri.

Kepercayaan itu semakin terlihat ketika Shin Tae-yong bertindak sebagai pelatih Timnas Indonesia. Pemain yang sering dipanggil ‘Egy kelok sembilan ‘ ini selalu mendapatkan satu tempat di skuad inti Garuda. Hanya cidera yang membuat dirinya tak bisa membela Timnas Indonesia.

Di 2020 lalu, Egy merupakan andalan STY. Sang pelatih setia menunggu pemainnya itu untuk membela Timnas Indonesia meski di awal-awal pertandingan (fase grup) sang pemain masih berada di Eropa. Begitupula dengan di SEA Games 2021. Egy menjadi salah satu pemain yang lagi-lagi dipercaya oleh STY.

Egy sempat absen di di Kuwait. Tergabung di grup A bersama Timnas Kuwait, Yordania, dan Nepal, Egy terpaksa absen karena mengalami cidera. Akan tetapi tak menunggu waktu lama baginya untuk kembali menapaki posisi inti Timnas Indonesia.

Baca Juga:  4 Fakta Jelang Duel Indonesia vs Korea Selatan: Arhan Jumpa Rekan Setimnya di Suwon FC!

Di FIFA Matchday melawan Timnas Curacao, Egy MV kembali dipanggil. Kesempatan itu kembali ia dapatkan ketika skuad Garuda bermain di Piala AFF 2022. Namun sayang, di tengah kompetisi tersebut (Piala AFF 2020), Egy memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan klubnya yakni ViOn Zlate Moravce.

Alasan utama sang pemain mengambil keputusan tersebut adalah kurangnya menit bermain. Keputusannya itu menimbulkan rasa kekecewaan bagi sebagian suporter Timnas Indonesia. Karena jamak diketahui adalah fans Timnas Indonesia jauh lebih bangga ketika melihat pemain Timnas Indonesia berkarir di luar negeri. Lebih-lebih jika sang pemain berkarir di sebuah klub yang bermain di kasta tertinggi sebuah liga sepak bola di Eropa.

Namun sekali lagi, keputusan Egy adalah buah pemikiran yang panjang. Klub Egy saat ini Dewa United juga mengaku siap untuk membentuk Egy ke performa terbaiknya lagi. Bahkan, klub siap melepaskannya andaikata ada klub luar negeri menginginkan jasanya.

Baca Juga:  Kekuatan PSSI Kembali Terbukti, Nathan Tjoe-A-On Gabung ke Timnas U-23 Lagi

Pulangnya Egy ke Liga Indonesia ini ternyata menjadi perhatian Indra Sjafri. Direktur Teknik yang sempat menjadi pelatih Timnas U-19 dan U-23 itu memberikan komentarnya.

“Saya pikir Egy yang memutuskan karena ia sudah dewasa. Pasti dia memilih apa yang terbaik untuk dia. Tapi, saya ingin dia bermain di level yang lebih tinggi,” terang Indra Sjafri.

 

“Apakah bermain di dalam negeri levelnya rendah? Saya juga tidak bisa menuduh seperti itu. Ke depannya PSSI bakal memperbaiki kompetisi agar kualitasnya bisa makin lebih baik lagi,” tambahnya lagi.

“Dia menghubungi saya. Dia bilang sudah mengambil keputusan dan saya bertanya ke dia, apakah ini keputusan sudah didiskusikan dengan orang tua? Dia bilang sudah melakukan diskusi dengan orang tua, keluarganya dia, Egy memutuskan untuk tahun ini, dia bermain di kompetisi dalam negeri.”

“Saya meminta publik untuk tetap mendukung pemain-pemain kita. Mau bermain di dalam negeri. Jangan sampai nanti karena dia bermain di dalam negeri, ada imej yang terbangun bahwa tidak bisa mengembangkan diri,” ujarnya memungkasi.

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

9 Comments