Timnas Indonesia

Top Skorer Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Dipulangkan dari TC Timnas U-17

NOBARTV NEWS – Arkhan Kaka resmi dipulangkan Bima Sakti dari TC Indonesia U-17. Padahal, Kaka merupakan top skorer Indonesia di Kualifikasi tahun lalu.

Seperti yang diketahui, beberapa waktu lalu, Bima Sakti resmi mencoret sembilan pemain dari pemusatan latihan Timnas Indonesia U-17. Awalnya, Bima hanya mencoret tujuh pemain. Namun berdasarkan kabar terbaru, Bima menambahkannya menjadi sembilan orang.

Ke-sembilan pemain yang dicoret merupakan 34 pemain awal yang diminta untuk mengikuti TC pada Senin 10 Juli lalu. Jadi, pada tanggal 10 Juli kemarin, Bima Sakti melalui PSSI telah memanggil 34 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan tahap awal. Dalam pemusatan latihan tahap awal itu, dari 34 pemain yang dipanggil, 6 di antaranya merupakan pemain keturunan. Mereka adalah Welber Halim (Sao Paolo), Madrid Augusta (AFC'34 Alkmaar), Mahesa Ekayanto (FC Dordrecht), Staffan Qabiel (Academy Sant Cuggat), Aaron Liam (Bullen FC), dan Aaron Nathan (Youth FC Nottingen).

Sementara itu, sisanya merupakan punggawa Timnas Indonesia U-16 yang pada tahun lalu sukses membawa Garuda Asia sebagai juara U-16 2022. Hanya beberapa pemain tambahan yang bukan berasal dari pemain keturunan ataupun eks punggawa Timnas U-16 di Piala AFF U-16 tersebut.

Dan sejauh ini, seperti yang disebutkan di awal tadi, Bima telah memulangkan 9 pemain. Salah satu pemain yang diminta pulang adalah Arkhan Kaka. Dipulangkannya Kaka tentu menjadi sesuatu yang amat mengejutkan.

Pasalnya, Kaka merupakan striker tajam yang sangat moncer bersama Timnas U-17. Selain sukses membawa Timnas U-16 keluar sebagai juara Piala AFF U-16, Kaka juga merupakan top skorer Timnas Indonesia di Kualifikasi 2024 kemarin. Walaupun Kaka gagal membawa Garuda Asia mentas di Piala Asia U-17 2024, namun sepanjang babak kualifikasi saat itu, Kaka sukses membuat 6 gol bersama Timnas Indonesia.

Secara keseluruhan, jumlah gol Kaka hanya kalah dari pemain China Wang Yudong. Tak hanya Kaka saja yang membuat 6 gol. Pemain muda Persis Solo itu juga membuat torehan gol yang sama dengan Nestory Irankunda (Australia) dan Homare Tokuda (Jepang).

Tapi sayangnya, seperti yang disebutkan di atas, Kaka dipulangkan lebih cepat oleh Bima Sakti. Selain Kaka, delapan pemain lainnya yang dipulangkan adalah Muhammad Afazriel (PSS Sleman), Aaron Nathan Ang, Dimas Arya (Persipasi Bekasi), Staffan Qabiel Horrito, Mahesa Ekayanto, Muhamad Gaoshirowi (Persib Academy), Madrid Augusta, dan Faizal Pratama Naufal (Persekat).

Arkhan Kaka Pulang Tapi Tidak Dicoret

Tak lama setelah tersebarnya pengumuman terkait dipulangkannya 9 pemain tersebut, pelatih Timnas U-17 Bima Sakti membuat konfirmasi terkait Arkhan Kaka. Dijelaskan Bima Sakti, Kaka bukan dicoret dari TC melainkan ia diminta pulang karena permintaan dari klubnya yaitu Persis Solo.

Persis meminta pemain mudanya itu untuk bergabung dari pemusatan latihan karena ia dibutuhkan oleh timnya di tengah-tengah kompetisi Liga 1.

“Ya, Kaka kemarin kam sudah komitmen dengan Persis Solo, bahwa Kaka akan kita panggil selama 2 minggu TC,” kata Bima Sakti.

“Dan itu sangat penting buat Kaka juga dan buat pemain yang lain,” ujarnya memungkasi.

Photo of Lalu Getar

Lalu Getar

Seorang penikmat kopi dan fans layar kaca Real Madrid

One Comment