Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021, STY Merasa Dirugikan
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Jelang pertandingan perdana 2021, Shin Tae-Yong membuat sebuah statement dengan nada sedikit menyindir. Menurutnya, Timnas U-23 akan dirugikan dalam ajang dua tahunan itu.

Di laga perdana SEA Games 2021, Timnas U-23 dijadwalkan akan berhadapan dengan tim tuan rumah, . Dalam event SEA Games sebelumnya (2019), kedua tim ini bertemu di partai final. Saat itu, Vietnam sukses merengkuh gelar setelah mengalahkan Timnas Indonesia tiga gol tanpa balas.

Bertekad untuk mencuri poin di laga perdananya – bahkan memenangkan gelar, Shin Tae-Yong telah memanggil 20 pemain terbaiknya. Terdiri dari pemain abroad, tiga pemain senior, pemain yang dipromosikan dari , dan sisanya adalah pemain yang berkompetisi di dalam negeri ().

Shin Tae-Yong beberapa kali menegaskan bahwa ‘tidak ada’ alasan untuk tim ini (Timnas U-23) tidak merengkuh juara. Hal itu juga diamini oleh federasi sepak bola Indonesia, . PSSI lewat Ketua Umumnya, Mochamad beberapa kali menegaskan bahwa juara adalah target yang sudah ditetapkan.

“Vietnam itu pastinya salah satu calon juara di SEA Games. Pastinya ada yang merugikan tim kami di Vietnam, karena mereka tuan rumah, tetapi itu sudah kami antisipasi,”¬†ujar Shin Tae-Yong.

Shin Tae-Yong mengungkapkan jika Vietnam adalah tim unggulan karena statusnya sebagai tuan rumah. Sehingga Indonesia yang menjadi lawannya, termasuk tiga tim lain di Grup A akan dirugikan oleh status tersebut.

“Kami harus bertanding untuk mendapatkan hasil yang mungkin keren buat kita semua,”¬†tambah pelatih asal Korea Selatan itu.

Meski demikian, Shin Tae-Yong cukup optimis dengan skuadnya. Ia berharap Marc Klok dkk meraih hasil positif di laga perdana nanti.

Dijadwalkan, Timnas Indonesia akan terbang ke Vietnam dalam waktu dekat. Mereka akan menjalani partai perdana kontra Vietnam pada Jum’at mendatang atau pada tanggal 6 Mei 2022.

Selain berhadapan dengan Timnas Vietnam, skuad Timnas U-23 juga akan menghadapi Timnas , Timor-Leste, dan Timnas di partai terakhir fase grup.

Semoga Shin Tae-Yong mampu mempersembahkan gelar untuk Indonesia kali ini. Cukup, runner-up SEA Games 2019 dan runner-up Piala AFF tahun lalu kita berada di posisi kedua. Untuk event SEA Games kali ini, kita wajib berada di posisi pertama alias juara!