Shin Tae-yong
Shin Tae-yong dalam satu sesi tanya jawab

NOBARTV NEWS – Usai berlaga di kemarin, Shin Tae-Yong sebut mentalitas anak didiknya menurun. Padahal, dalam bermain sepak bola, mental adalah satu hal penting yang dibutuhkan oleh sebuah tim. Sebuah kesebelasan tidak akan pernah bisa membalikkan keadaan jika mental timnya melempem dan angin-anginan.┬áDilansir dari kompas.tv, “Kondisi para pemain baik, tetapi setelah Piala AFF para pemain kembali ke klub, mentalnya sedikit menurun. Saya akan memperkuat mental mereka dan memperbaiki kekurangan yang ada.” Ucap Shin Tae-Yong dalam kanal youtube .

Hal itu seringkali diutarakan oleh pelatih asal tersebut. Ketika tampil di satu podcast Dedy Corbuzier, Close The Door, Shin Tae-Yong dicerca sebuah pertanyaan oleh Dedy. Ketika Dedy bertanya terkait kelemahan pemain Indonesia, Shin Tae-Yong mengatakan, “Sejujurnya akan saya sampaikan.┬áPertama┬ákurang dalam sisi mental profesionalnya, kedua masalah makan, serta yang ketiga soal latihan beban. Mereka sampai tidak tahu kenapa harus melakukan latihan beban,” jelasnya.

Masalah mentalitas begitu penting. Sampai-sampai Shin Tae-Yong beberapa kali mengungkapkan kekhawatirannya ketika para anak asuhnya kembali ke klub masing-masing. Ia tidak mau apa yang sudah ia bangun pada jiwa anak didiknya runtuh begitu saja ketika kembali ke klubnya.

Asnawi Mangkualam Bahar bisa disebut sebagai anak didik terbaik yang dihasilkan Shin Tae-Yong. Berkat koneksinya, Asnawi mampu bersaing dan bermain apik di klub kasta kedua Liga Selatan, Ansan Greeners. Fisik dan mentalitas Asnawi tidak lain karena didikan mantan pelatih yang pernah mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2018. Coach Shin tentu berharap agar seluruh anak didiknya mampu bermain dan memiliki daya juang serta mentalitas yang baik layaknya Asnawi. Mantan bek sayap PSM Makassar itu pun sampai diganjar perpanjangan oleh klub yang berdomisili di Kota Ansan itu.

Kendati demikian, Shin Tae-Yong tetap waspada pada pertandingan selanjutnya tatkala menghadapi . Meski sempat berkomentar miring tentang yang akan dihadapi Indonesia tersebut, Shin Tae-Yong tetap akan memberikan permainan terbaik timnya. Timnas Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Timnas Timor Leste sebanyak dua kali, masing-masing pada tanggal 27 dan 30 Januari mendatang di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali. Pertandingan ini pun masuk dalam kalender resmi FIFA.