Football Association of Malaysia FAM
Football Association of FAM

NOBARTV NEWS – Melihat yang berjaya di 2020 berkat kepintaran dari pelatih yaitu Shin Tae-Yong, kini Malaysia dikabarkan mengincar pelatih-pelatih asal Korea Selatan.

Jurnalis sepak bola Malaysia bernama Zulhelmi Zainal mengabarkan bahwa Football Association Malaysia kini sedang sibuk mencari pelatih-pelatih hebat asal Korea Selatan.

“Pelatih asal Korea Selatan akan menjadi pilihan FAM. Diketahui Ketua Panwaslu Timnas Korsel, , yang juga mantan pelatih Hong Kong mengusulkan Park Jin-Seop, Kim Hak-Bum, dan Kim Byung-Soo sebagai calon pelatih Malaysia,” cuit Zulhelmi (Jurnalis sepak bola Malaysia) di akun twitter-nya (@ZulhelmiZainal1), Minggu (16/1/).

Kekalahan Malaysia di ajang Piala membuat FAM kalang kabut, desakan suporter Malaysia membuat FAM semakin tidak nyaman.

Dikutip dari genpi.co FAM sendiri diketahui membentuk badan investigasi independen untuk melakukan post-mortem terhadap kinerja di .

Namun, langkah ini justru mendapat kecaman karena dianggap hanya pengalihan dari sistem buruk yang ada di badan FAM.

Pengamat sepak bola Malaysia, Dr. Pekan Ramli juga turut mengkritik keputusan tersebut bahkan meminta Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin untuk bertanggung jawab.

“Jika kita ingin melihat olahraga tanah air berkembang di masa depan, pemimpin itu harus berjiwa besar,” ujar Ramli dilansir dari Sinar Harian.

“Ambil tanggung jawab alih-alih tetap memegang jabatan untuk keuntungan pribadi,” tutur Ramli.

Pengamat sepak bola Malaysia satu ini juga mengkritik dengan tegas apabila pemimping FAM tidak lagi bisa memberikan hasil yang baik untuk sepak bola Malaysia maka silahkan serahkan jabatan itu kepada individu yang lebih tau cara mengembangkan olahraga nasional Malaysia.

“Kalau merasa sudah tidak bisa lagi bekerja, serahkan saja pada individu lain yang lebih mumpuni karena ini demi kemajuan olahraga nasional,” imbuhnya.

Dari contoh Shin Tae-Yong, terlihat pelatih Korea Selatan sangat disiplin dalam melatih dan juga berdedikasi tinggi kepada pekerjaannya, tentu sebuah hal yang baik bagi Malaysia apabila mendapatkan pelatih yang sama hebatnya seperti Shin Tae-Yong melatih Indonesia.