Tidak Diajak VFF Ikut Turnamen Mini di Vietnam, Indonesia Dibully Netizen Mancanegara
Indonesia Vs Vietnam di U-19

NOBARTV NEWS – Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah memuat pengumuman resmi terkait turnamen mini yang akan dihelat di negaranya. Bertitel turnamen , empat tim siap bersaing memperebutkan antar timnas kelompok umur ini.

VFF sendiri membuat turnamen ini khusus untuk Timnas U-19 dan memiliki tujuan utama sebagai ajang persiapan sebelum Timnas Vietnam berlaga di Kualifikasi Piala U-20. Vietnam sendiri akan bersaing di Kualifikasi Piala U-20 dengan Timnas Indonesia, , dan Hongkong. Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah dalam keseluruhan laga di grup ini.

Dengan demikian, Vietnam melakukan serangkaian persiapan yang satunya lewat ajang ini. , Malaysia, dan Myanmar akan turut bergabung di turnamen yang akan dihelat di Binh Duong, Vietnam pada tanggal 5 – 10 Agustus 2022.

Karena Indonesia tidak ikut dalam turnamen ini, banyak yang menduga jika Indonesia tidak diundang. Padahal, PSSI sendiri tidak berniat untuk mengikuti ajang tersebut. Malaysia dan Thailand ikut serta karena federasi kedua negara tersebut mengajukan diri usai peserta sebelumnya, yakni Arab Saudi dan dicoret oleh VFF.

Berita Terkait:  Lima Pemain Indonesia yang Layak Susul Arhan ke Luar Negeri

Berbagai spekulasi dan tuduhan muncul dari berbagai netizen mancanegara. Beberapa dari mereka mencemooh bahkan merendahkan absennya Timnas Indonesia – padahal mereka tidak tahu fakta yang sebenarnya.

Salah satu fanspage bola yang kerap memberitakan sepak bola Tenggara, ASEAN FOOTBALL dibanjiri oleh cemoohan netizen mancanegara. Salah satu unggahan ASEAN FOOTBALL terkait turnamen Thanh Nien Cup dikomentari oleh 2.839 netizen dan mendapatkan reaksi hingga 7 ribu kali. Sebagian komentar mereka adalah menyudutkan Timnas Indonesia.

“Indonesia tidak ikut (turnamen mini Vietnam) karena mereka mengkalim sepak bola mereka lebih tinggi. Mereka akan bergabung dengan EAFF atau UEFA,” ejek netizen atas nama Aji Stryder.

“Bagi yang bertanya kenapa Indonesia tidak diundang, itu karena mereka akan bergabung dengan EAFF. Dan mungkin setelah itu mereka juga akan bergabung dengan UEFA,” ejak netizen lainnya.

Adapula netizen yang menyebut langkah Indonesia gabung dengan EAFF merupakan hal yang memalukan.

“Indonesia bermimpi untuk gabung dengan EAFF dengan peringkat yang sangat rendah. Sungguh memalukan.”

Berita Terkait:  Pratama Arhan Akan Lakoni Debutnya untuk Verdy Pekan Ini

Meski mendapat banyak cemoohan, beberapa netizen yang mengetahui latar belakang turnamen tersebut ikut mengklarifikasi absennya Timnas Indonesia.

“Jangan bertanya ke mana Indonesia 🇮🇩 – karena Vietnam 🇻🇳 akan berjumpa dengannya di Kualifikasi Piala Asia U-20. Turnamen ini merupakan langkah Vietnam untuk bersaing melawan Indonesia di babak kualifikasi nanti,” bela salah satu netizen.

“Kualifikasi Piala Asia U-20 mempertemukan Indonesia dan Vietnam di satu grup. Jadi, Vietnam tidak bisa mengundang Indonesia. Maaf untuk absennya Indonesia. Hormat dari Vietnam,” tulis netizen asal Vietnam, Thanh Tung Cao yang memberikan komentar dukungannya pada Timnas Indonesia.