Temukan Titik Lemah Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong Lakukan Latihan Khusus
Duel antara U-19 vs

NOBARTV NEWS – Alami tiga kekalahan telak dari empat laga uji coba di , Indonesia U-19 lakukan langkah cepat. Pelatih dan stafnya melakukan latihan khusus – agar kesalahan-kesalahan yang dilakukan tidak terjadi di laga berikutnya.

Setidaknya, ada tiga kelemahan yang menjadi faktor utama kekalahan Timnas Indonesia.

1. Lemah Saat Beradu Fisik

Ketika dikalahkan Korea Selatan U-19 di pertemuan keduanya, anak asuh Shin Tae-Yong seringkali dikalahkan ketika duel fisik. Padahal, sejak kedatangannya ke Indonesia, Shin Tae-Yong sudah memberikan pelatihan khusus terkait latihan fisik ini. Meski demikian, anak-anak muda Indonesia itu belum mampu menandingi fisik yang dimiliki anak asuh Kim Eun-jung yang sudah terkonsep sejak dini.

2. Lemah Dalam Membuka Ruang

Ketika menyerang pertahanan lawan, membuka ruang akan menjadi opsi paling baik untuk memecah konsentrasi lawan. Lawan kesulitan untuk menduga di mana bola akan dioper. Dengan membuka ruang, maka tim akan leluasa untuk bergerak dan menusuk pertahanan lawan.

Namun saat ini, kurang dalam hal itu. Umpan-umpan terobosannya ketika membuka ruang kerapkali diintersep lawan dengan mudah.

3. Lemah Dalam Duel Bola Atas

Meski berhasil mencetak gol lewat sundulan kepala, Shin Tae-Yong tetap merasa ada yang kurang dalam hal ini.

Coach Shin menganggap Indonesia masih sulit untuk duel bola-bola atas. Secara fisik, pemain Timnas Korea Selatan U-19 memang lebih tinggi. Namun, jika keahlian bola atas sudah dikuasai, tidak mustahil untuk memenangkan perebutan bola.

, seorang pemain dengan tinggi tidak sempurna pun – sangat sering mencetak gol melalui sundulan. Ia juga tidak bisa diremehkan karena pernah memenangkan duel bola atas meski untuk ukuran tubuh, tidak mendukung.

Atas dasar tiga kelemahan tersebut, Shin Tae-Yong melakukan latihan khusus untuk anak asuhnya. Timnas Indonesia U-19 akan kembali melakoni beberapa uji coba sebelum menuju untuk melakukan hal yang sama (pemusatan latihan).

“Untuk latihan pagi ini, ada tes penguatan, kelincahan dan kemampuan melompat. Jadi kekurangan apa saja yang kita miliki agar bisa diperbaiki,” jelas Shin Tae-Yong, kemarin.