TC Garuda Muda Dimulai pada 1 Pebruari Mendatang, Bagaimana dengan Pemain yang Tampil Reguler dengan Klubnya?

TC Garuda Muda Dimulai pada 1 Pebruari Mendatang, Bagaimana dengan Pemain yang Tampil Reguler dengan Klubnya?

NOBARTV NEWS – Pelatih Timnas Indonesia Tae-yong sudah berada di Korea Selatan. Ia akan kembali ke Indonesia guna mengumpulkan skuad Garuda muda dalam TC pada 1 Pebruari mendatang. Lalu, bagaimana dengan pemain yang sudah bermain sebagai tim inti di klubnya masing-masing? Apakah mereka akan meninggalkan klub untuk bermain di tim nasional lagi?

Sebagaimana diketahui, pelatih Garuda muda dan juga tim senior Tae-yong tengah pulang ke Korea Selatan. Ia mengambil liburan singkat usai membersamai Timnas Indonesia senior di Piala .

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Sayang, di kompetisi sepak bola tertinggi di Asia Tenggara itu, Timnas Indonesia gagal menorehkan prestasi apapun. dkk hanya finis sebagai semi-finalis. Sebuah catatan buruk jika dibandingkan dengan Piala AFF di edisi sebelumnya.

Di , mampu membawa Timnas Indonesia keluar sebagai runner-up. Namun di edisi kali ini, prestasi tersebut gagal ia catatkan kembali. Padahal, tidak hanya runner-up saja, di Piala ini, Timnas Indonesia ditargetkan keluar sebagai .

Pada akhirnya, Shin Tae-yong harus menerima konsekuensinya. Kinerja sang pelatih akan dievaluasi oleh PSSI. Terkait bagaimana keputusan federasi, hal itu akan disampaikan oleh Indra Sjafri selaku orang yang diutus oleh PSSI untuk bertemu dengan sang pelatih.

Berita Terkait:  Jelang Piala Dunia U-20, Timnas U-19 Kedatangan Pemain Keturunan, Jim Croque

Nah, usai evaluasi tersebut, Shin pun pulang ke tanah airnya. Sepertinya, sang pelatih sudah melupakan hasil buruk di Piala kemarin. Sebab Shin sudah merencanakan agenda baru yakni mengumpulkan skuad Garuda muda dalam TC pada 1 Pebruari mendatang. Dikumpulkannya itu untuk mempersiapkan diri jelang tampil di Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

“Setelah libur singkat, kami akan bersiap menyiapkan tim untuk Piala Dunia U-20 2023 pada 1 Februari,” terang Shin kepada media Korea Selatan Naver.

“Indonesia adalah tuan rumah, ini adalah turnamen di mana Marselino (Ferdinan, lahir 2004, akan bermain), dan sudah mencetak gol di Piala AFF,” tambahnya.

Akan tetapi, yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan pemain yang saat ini masih membela klubnya – dan menjadi tumpuan di sana?

Sebagaimana diketahui, beberapa skuad Garuda muda baru beraksi di klubnya baru-baru ini. Ia tidak memiliki waktu yang cukup bersama klub karena pada tahun kemarin, mereka juga melakukan TC di bersama Shin Tae-yong.

Namun dikarenakan Shin harus difokuskan dengan tim senior, mereka pun dibubarkan dan kembali ke klubnya masing-masing. Di saat Shin membersamai tim senior, para skuad Garuda muda itu bermain di ajang kompetisi domestik BRI Liga 1 bersama klubnya masing-masing. Beberapa di antara mereka menjadi tulang punggung. Sebut saja seperti Muhammad Ferrari yang sampai saat ini masih diandalkan oleh Persija Jakarta.

Berita Terkait:  Bakal Hadapi Indonesia di GBK, Kamboja Kalah Telak di Laga Uji Coba kontra Malaysia

Akan tetapi, bagaimana dengan nasib Ferrari dan pemain inti lainnya? Apakah mereka akan tetap mengikuti TC itu sedangkan sang pemain baru kembali ke klubnya tidak lama ini? Sedangkan, persiapan dalam TC itu akan memakan waktu selama satu bulanan. Hal ini akan menimbulkan banyak protes dari pelatih klub.

Kejadian yang sama pun akan terulang lagi seperti TC di pada tahun 2022 kemarin. Pelatih Persija dan juga pelatih PSM Makassar Bernando Tavares hampir bisa dipastikan akan mengamuk lagi karena pemainnya akan dipanggil berulang kali.

“Setiap klub akan senang jika bisa mengembangkan pemain muda, tetapi jika mereka tidak ada di pertandingan, bagaimana itu bisa terwujud?” kata Thomas Doll saat itu.

“Mereka tidak berkembang di sana (timnas U-20), dan setelah kembali kita tidak bisa pakai mereka (karena lelah atau cedera),” kritik Bernando Tavares ketika dua pemainnya juga dipanggil di TC waktu itu.

Selain Muhammad Ferrari, beberapa punggawa Garuda muda menjadi pemain inti di klubnya. Sebut saja seperti Hokky Caraka (PSS Sleman), Ronaldo Kwateh (Madura United), hingga Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya).

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses