Sudah Disetujui Presiden, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Tunggu Sumpah WNI

Sudah Disetujui Presiden, Proses Naturalisasi Shayne Pattynama Tinggal Tunggu Sumpah WNI

NOBARTV NEWS – Proses naturalisasi bek Viking FK Shayne Pattynama tinggal menunggu satu tahap lagi. Setelah berkas naturalisasi sang pemain disetujui atau ditandangani oleh Presiden RI Joko , kini sang pemain tinggal menunggu proses sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM.

Sebagaimana diketahui, selain Shayne Pattynama, terdapat dua pemain yang sudah melakukan proses naturalisasi terlebih dahulu. Adalah Sandy Walsh dan , dua pemain tersebut berikut dengan Pattynama ditargetkan sudah bisa membela Timnas Indonesia di Piala 2023.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Ketiga pemain tersebut memiliki darah keturunan Indonesia dan juga bersedia untuk berpindah kewarganegaraan. Setelah ke-tiganya diamati dan dinilai secara langsung oleh sang pelatih Tae-yong, ke-tiganya segera diberikan lampu hijau untuk dinaturalisasi.

Akan tetapi, sampai saat ini, hanya Sandy Walsh dan yang sudah resmi menjadi WNI. Keduanya sudah melakukan sumpah WNI terlebih dahulu beberapa pekan sebelum even Piala AFF yang dimulai pada pertengahan Desember tahun lalu. Saat itu, proses naturalisasi keduanya dikebut agar bisa bermain di Piala AFF tersebut. Sayang, hanya yang akhirnya benar-benar bermain karena Sandy Walsh diminta kembali ke klubnya dalam pemusatan latihan.

Berita Terkait:  Cetak 5 Gol Sundulan Bukti STY Sulap Timnas U-20 Jadi Lebih Berisi! Berikut Daftar Postur Skuad Garuda Muda!

Dan kini, setelah Piala AFF tersebut rampung, kabar baik datang untuk Timnas Indonesia. Satu pemain lainnya yakni Shayne Pattynama sudah mendapatkan persetujuan untuk dinaturalisasi oleh Presiden RI Joko . PSSI dan RI tinggal menunggu waktu luang sang pemain untuk bisa datang ke Indonesia guna melakukan sumpah WNI seperti yang sudah dilakukan dua pemain sebelumnya.

“Nunggu waktu luang Pattynama,” terang Direktur Teknik PSSI pada Senin 15 Januari kemarin.

“Nanti akan saya coba tanya ke bagian itu (yang menangani proses naturalisasi Pattynama),” tambah eks pelatih itu.

Target Pattynama Usai Resmi Menjadi WNI

Pattynama sudah lama mendambakan dirinya untuk membela Timnas Indonesia. Baginya, memperkuat skuad Garuda adalah sebuah mimpi yang sudah lama ia idam-idamkan.

“Ini adalah langkah besar bagi saya (menuju jadi WNI), dan saya sangat antusias tentang proses ini. Saya adalah seorang dengan mimpi besar,” kata bek sayap Viking FK itu di awal-awal proses naturalisasi pada tahun lalu.

Berita Terkait:  Indra Sjafri Pastikan 2 Pemain Naturalisasi Bisa Bela Indonesia di Piala AFF 2022

“Harapan saya ke depannya untuk sepak bola Indonesia, saya melihat PSSI tengah menjalankan proyek besar,” ujarnya menambahkan.

Sebagai penutup, ia berhasrat tampil maksimal di Piala 2023 nanti. Tak hanya itu, ia memiliki cita-cita membawa Timnas Indonesia tampil di even paling bergengsi yakni Piala Dunia.

“Dan saya ingin berkontribusi di situ, berkontribusi di timnas Indonesia. Saya ingin Indonesia main di Piala Dunia dan berkontribusi di 2023 nanti,” tutupnya kemudian.

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses