STY Tunjuk Dzenan Radoncic Dampingi Bima Sakti di Turnamen Toulon Prancis

NOBARTV NEWS – PSSI telah menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih yang akan menemani U-19 di Turnamen Toulon Prancis. Begitu juga dengan Shin Tae-Yong. Pelatih asal Korea Selatan itu meminta Dzenan Radoncic untuk membersamai pelatih Timnas U-16 itu.

Keputusan Shin Tae-Yong untuk menyerahkan kepemimpinan di tubuh sangatlah masuk akal. Pasalnya, ia (STY) sedang disibukkan oleh banyak agenda timnas.

Paling dekat, Shin Tae-Yong harus menemani untuk berlaga di SEA Games 2021. Shin Tae-Yong sudah dan sedang menemani mereka di pemusatan latihan di Korea Selatan.

Selain itu, agenda yang cukup dekat adalah Kualifikasi 2023 bersama Timnas senior. Sehingga Shin Tae-Yong menyerahkan tanggungjawabnya untuk sementara khusus di event itu (Toulon) saja.

“Yang mendampingi timnas Indonesia U-19 itu nantinya, coach Dzenan Radoncic,” ujar Bima Sakti.

“Tetapi, nanti Dzenan akan didampingi langsung oleh saya dan staf pelatih timnas Indonesia U-16,” tambah Bima Sakti.

Berikut padat Shin Tae-Yong untuk tiga event ke depan :

1. SEA Games 2021

Indonesia U-23 tergabung di bersama juara bertahan sekaligus tuan rumah, Vietnam. Selain Vietnam, ada , Timor-Leste, dan Myanmar yang juga tergabung di grup yang sama.

Indonesia sendiri dijadwalkan akan berhadapan dengan Vietnam di laga perdana grup A. SEA Games akan diselenggarakan pada tanggal 6 Mei – 22 Mei 2022.

2. Turnamen Toulon

Timnas Indonesia U-19 untuk kedua kalinya akan mengikuti turnamen ini. Sebelumnya, Egy Maulana Vikri dkk adalah generasi pertama yang mengikuti turnamen yang selalu diselenggarakan di Prancis ini.

Bima Sakti bersama Dzenan Radoncic ditunjuk untuk menemani Timnas muda Indonesia. Timnas U-19 tergabung di bersama Timnas U-19, Ghana U-19, dan Meksiko U-19.

Indonesia akan mengawali laga di turnamen ini pada tanggal 30 Mei hingga 5 Juni 2021.

3. Kualifikasi Piala Asia 2023

Timnas Indonesia tergabung di grup A bersama dua tim asal Asia Barat yakni Kuwait dan Yordania. Sedangkan satu tim lainnya adalah Nepal.

Timnas Indonesia ditargetkan untuk lolos ke Piala Asia 2023 di China.

Indonesia kemungkinan besar akan diperkuat oleh tiga pemain naturalisasi yakni Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama.

Babak grup Kualifikasi Piala Asia 2023 akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.