STY Tunjuk Bima Sakti Tangani Timnas U-19 di Piala Toulon Prancis
Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong telah menunjuk pelatih Timnas U-16 Bima Sakti untuk menangani Timnas Indonesia U-19 untuk 2022 di . Hal ini dikarenakan jadwal padat yang dimiliki pelatih asal Selatan itu.

Selain harus membesut Timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2021, Shin Tae-Yong juga dihadapkan dengan laga penting berupa Kualifikasi Piala 2023. Maka, mau tidak mau ia harus menyerahkan kepemimpinannya di kepada Bima Sakti.

Namun, bukan hanya Bima Sakti saja yang akan menukangi Timnas U-19 nanti. Indra Sjafri selaku direktur teknik PSSI mengungkapkan jika Bima akan didampingi oleh pelatih yang diutus langsung oleh Shin Tae-Yong.

“Kemarin kami sudah putuskan bahwa pelatih Timnas U-16 Bima Sakti dan teman-teman plus pelatih yang diutus oleh coach Shin satu orang menangani Timnas U-19 untuk event Toulon Tournament,” jelas Indra Sjafri, kemarin.

“Di kontrak itu memang coach Shin adalah pelatih yang menangani tim senior, U-23 dan U-19,” tambahnya.

Dikarenakan pandemi covid-19 dan aturan ketat yang berbeda dari tiap-tiap membuat Shin Tae-Yong melepas tanggungjawabnya di Timnas U-19. Sebelumnya, Timnas U-19 sudah berlatih di Korea Selatan selama kurang lebih satu bulan. Di Korea, Kwateh dkk telah menjalani beberapa laga uji melawan Timnas Korea Selatan U-20, juga klub setempat, dan beberapa tim universitas.

Saat ini, punggawa Timnas U-19 tersebut telah pulang ke kampung halaman masing-masing. Mereka akan kembali dikumpulkan untuk menjalani pemusatan latihan jelang Turnamen Toulon tersebut diselenggarakan.

Bulan depan, tepatnya pada tanggal 15 Mei, Timnas U-19 akan dikumpulkan dan pada tanggal 26 Mei akan berangkat ke Prancis untuk mengikuti turnamen tersebut.

Timnas U-19 sendiri tergabung di B bersama Timnas Ghana U-19, Venezuela U-19, dan U-19. Timnas Indonesia terakhir kali berpartisipasi pada turnamen ini yaitu pada era Egy Maulana Vikri dkk di tahun 2017 lalu. Saat itu, Timnas U-19 hanya mampu bertahan di fase grup saja. Meski demikian, Egy Maulana Vikri mendapatkan penghargaan karena dianggap sebagai pemain yang paling berpengaruh di timnya.

Turnamen Toulon ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Timnas U-19. Sebab, di tahun depan, mereka akan menjalani event yang jauh lebih penting yakni .