STY Ingin Indonesia Jumpa Tim Peringkat 100 Besar di FIFA Matchday Mendatang
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – PSSI tidak main-main dalam memberi target untuk Indonesia agar finis di peringkat 150 besar . Target tersebut dibatasi hingga akhir tahun ini. Laga Matchday bulan September mendatang menjadi penentu apakah Timnas Indonesia mampu menempati posisi 150 besar rangking .

Target 150 besar digaungkan pertama kali oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Namun, hanya pertandingan yang termasuk dalam kalender resmi FIFA lah yang bisa memperbaiki peringkat Timnas Indonesia.

Di awal tahun lalu, Timnas Indonesia berkesempatan melawan Timnas Timor-Leste dalam dua kali pertandingan. Kedua laga tersebut tercatat dalam kalender resmi FIFA. Timnas Indonesia sukses mengalahkan lawannya di dua pertandingan tersebut. Namun, di berikutnya, Shin Tae-Yong memilih untuk tidak memainkan satu pun laga – karena saat itu Shin Tae-Yong tengah difokuskan dalam menangani Timnas Indonesia . Saat itu, Timnas dijadwalkan akan mengikuti ajang SEA Games 2021.

Kabar baiknya, awal Juni kemarin, Timnas Indonesia berkesempatan melawan dalam ajang . Sayang, meski bermain di kandang (Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung), Timnas Indonesia gagal memetik kemenangan.

Berita Terkait:  Timnas Indonesia U-19 Menang Lagi, Shin Tae-Yong Merasa Puas!

Peringkat Timnas Indonesia akhirnya melonjak naik ketika skuad asuhan Shin Tae-Yong itu melakoni laga Kualifikasi 2023. Berhadapan dengan Timnas Yordania, , dan Nepal, Timnas Indonesia melonjak naik hingga peringkat 155 FIFA. Kenaikan tersebut tak lepas dari keberhasilan Timnas Indonesia melumat Timnas Nepal 7 – 0 dan menang tipis atas tim tuan rumah 2 – 1.

Maka daripada itu, demi mengejar target finis di 150 besar FIFA, Shin Tae-Yong meminta PSSI agar Timnas Indonesia dipertemukan dengan tim kuat di ajang FIFA Matchday selanjutnya. Hal ini ditujukan sebagai persiapan jelang – sekaligus sebagai perbaikan peringkat FIFA.

“Memang masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk cari tim peringkat 50 sampai 100,” terang Shin Tae-Yong.

Menanggapi hal tersebut, Mochamad Iriawan mengaku telah menghubungi Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri guna mencari lawan tanding untuk Timnas Indonesia.

“Kami lihat nanti pertandingannya lawan siapa, yang jelas kita belum menentukan siapa (lawannya). Tapi saya minta ke Dirtek (Indra Sjafri) dan tim kepelatihan bahwa lawan kita harus ranking yang di atas,” jawab Iriawan.

Berita Terkait:  Indonesia Mundur, Media Malaysia Pede Negaranya Juarai AFF U-23

“Dari situ nanti hasilnya akan bagus sehingga nantinya sebagai pengalaman poinnya lebih tinggi juga,” tutupnya.