Shin Tae-Yong Tebar Psywar ke Timnas Timor Leste
Shin Tae-Yong dalam satu sesi konfrensi pers

NOBARTV NEWS – Tinggal beberapa hari lagi Indonesia akan memainkan pertandingan pertama pasca mengikuti turnamen tahun lalu. Kali ini, tim asuhan Shin Tae-Yong akan berhadapan dengan Timnas Timor Leste. Sebelum laga dimulai, Shin Tae-Yong sudah lebih dulu tebar psywar kepada tim tamu. Shin Tae-Yong bahkan mengatakan lawan Timnas Indonesia itu lemah – mereka (Timnas Timor Leste) tidak selevel dan terpaut jauh di bawah Indonesia.

Bukan tanpa alasan Shin Tae-yong mengatakan hal demikian. Ia sempat menonton dan menganalisis kembali permainan Timnas Timor Leste pada Piala AFF tahun lalu. Saat itu Timor Leste tergabung di A bersama , , , dan Filipina. Setelah menganalisis permainan Timor Leste, Shin Tae-Yong pun mengatakan hal serupa. Yakni menganggap lawannya itu tidak sepadan dengan yang dilatihnya. Wajar saja pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan hal demikian. Dari seluruh laga yang dijalani Timor Leste di grup A, mereka (Timor Leste) tidak pernah memetik satu poin pun dan selalu menjadi bulan-bulanan lawan. Bahkan untuk memasukkan satu gol pun tak bisa. Total 13 gol lawan masuk ke gawang Timor Leste.

Selain itu, jika menilik ke peringkat FIFA terbaru, Timnas Timor Leste memang berada jauh dari Timnas Indonesia. Negara yang sempat menjadi bagian dari NKRI itu berada di peringkat 196 dengan 873,13 poin dan menjadi peringkat terburuk ke-empat untuk kawasan Asia. Dilansir dari portal berita CNN Indonesia, Shin Tae-Yong berujar, “Maaf, jujur tidak terlalu bagus Timor Leste. Saya hanya menonton pertandingan di Piala AFF saja.” Bahkan, seorang Shin Tae-Yong pun yang tidak lama mengenal sepak bola Asia Tenggara berani mengatakan hal demikian.

Namun, Shin Tae-Yong tetap tidak akan menganggap remeh musuhnya tersebut. Meski ia (Shin Tae-Yong) memandangnya sebelah mata, Shin Tae-Yong tetap akan memberikan permainan terbaik yang dimiliki skuadnya. Pencoretan beberapa pemain dan menggantinya dengan pemain lain sudah menjadi bukti kalau ia tidak main-main menghadapi pertandingan yang masuk dalam kalender FIFA ini.

“Kami akan berusaha menampilkan permainan yang kami inginkan. Pelan-pelan, kami pasti membuat warna baru di dalam tim,” jelas Shin Tae-yong kembali.

Sebelumnya, Shin Tae-Yong sudah berada di Bali sejak beberapa pekan belakangan. Shin Tae-Yong dan para official Timnas Indonesia lainnya sudah mengumpulkan semua pemain yang dipercaya mengikuti FIFA Matchday ini. Mereka pun sudah melakukan pemusatan latihan sejak beberapa hari terakhir. Meski tidak diisi oleh pemain bintangnya yang terpaksa harus membela klubnya masing-masing di luar negeri, Shin Tae-Yong masih bisa tersenyum lebar pasalnya pemain muda terbaik piala AFF tahun lalu yakni Pratama Arhan dipastikan ikut bergabung dengan tim. Termasuk juga Alfeandra , pemain kepercayaan Shin Tae-Yong yang tak tergantikan pada Piala kemarin.

Adapun kegiatan Shin Tae-Yong selama di Bali selain akan melakukan uji coba, juga untuk memantau para pemain Indonesia yang berlaga di . Terpantau dari beberapa momen ketika ia berada di tribun penonton. Adapun pertandingan yang akan diselenggarakan di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali ini akan diselenggarakan sebanyak dua kali. Pertama pada tanggal 27 Januari dan kedua pada tanggal 30 Januari 2022.