Segrup di Babak Kualifikasi Piala Asia, Berikut Sejarah Pertemuan Indonesia vs Kuwait
Tiga pemain mencoba menghentikan pergerakan striker Bahrain

NOBARTV NEWS – Timnas dipastikan akan berjumpa lagi dengan Timnas Kuwait. Perjumpaan kali ini bertajuk . Selain menghadapi Timnas Kuwait, juga akan melawan Timnas Yordania dan Nepal.

Empat tim yang disebutkan di atas tergabung dalam grup A Kualifikasi 2023. Adapun Kuwait terpilih untuk menjadi tuan rumah grup A. Jadi, seluruh pertandingan grup A akan dilangsungkan di sana.

China akan bertindak sebagai tuan rumah untuk Piala Asia tahun depan. China terlebih dahulu lolos ke Piala Asia. Ia dan beberapa tim lain seperti Jepang dan tidak akan melalui babak kualifikasi terlebih dahulu.

Timnas Indonesia sendiri harus berjuang mati-matian sebelum dinyatakan resmi bergabung di turnamen tersebut. Indonesia harus menyingkirkan Yordania, Kuwait, dan Nepal. Jika nanti Indonesia keluar sebagai grup, atau menempati lima runner-up terbaik, maka anak asuh Shin Tae-Yong melenggang ke Piala Asia 2023.

Adapun untuk Kuwait, Garuda beberapa kali bertemu dengan skuad berjuluk Al Azraq itu.

Sayangnya, dari rekor pertemuan tersebut, Indonesia tercatat masih kalah unggul dari Timnas Kuwait.

Indonesia dan Kuwait pernah bertemu sebanyak 6 kali. Dari enam laga tersebut, Timnas Indonesia hanya mencatatkan 1 kali kemenangan. Kemenangan itu terjadi puluhan tahun silam tepatnya tahun 1980.

Sedangkan Timnas Kuwait berhasil mengemas 2 kemenangan. Berarti, tiga laga lainnya berakhir imbang.

Tahun 2009 silam menjadi pertemuan terakhir kedua tim. Saat itu, keduanya berhadapan di tajuk yang sama yakni Kualifikasi Piala Asia 2011.

Ketika bertindak sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Kuwait di Gelora Bung Karno. Ketika menjalani laga tandang di Kuwait, Indonesia menyerah dengan skor tipis 2 – 1.

Semoga di laga nanti Indonesia mampu memberikan kontribusi maksimal dalam babak kualifikasi ini. Sehingga, skuad Garuda bisa tampil di event terbesar se-Asia yakni Piala Asia 2023 China.

Berikut hasil lengkap enam pertemuan terakhir Indonesia kontra Kuwait :

Indonesia 2 – 1 Kuwait (Merdeka Tournament, 19 Oktober 1980)

Indonesia 0 – 5 Kuwait (Asian Games, 04 Oktober 1986)

IIndonesia 2 – 2 Kuwait (AFC Asian Cup, 04 Desember 1996)

Indonesia 0 – 0 Kuwait (AFC Asian Cup, 13 Oktober 2000)

Indonesia 1 – 2 Kuwait (AFC Asian Cup, 14 November 2009)

Indonesia 1 – 1 Kuwait (AFC Asian Cup, 18 November 2009)