Sebelum ke Verdy, Pakar Sepakbola Malaysia Berharap Arhan Bela Selangor FC
Analisis sepak bola , Keesh Mat Stats (tengah)

NOBARTV NEWS – Kepindahan ke klub tidak menjadi konsumsi publik sendiri. Bahkan, analis sepak bola asal negara Asia Tenggara lainnya ikut berkomentar mengenai kepindahan pemain PSIS Semarang itu.

Seorang pengamat cum analis sepak bola asal Malaysia, Keesh Mat Stats mengemukakan sebuah fakta terkait .

Sebelum memutuskan untuk pindah ke , Keesh sangat berharap pemain Indonesia itu berlabuh ke klub Malaysia, Selangor FC. Pasalnya, dalam beberapa musim terakhir, Selangor kerap tampil tidak memuaskan khususnya lini belakangnya – tepatnya di posisi bek kiri.

“Selangor memiliki isu di posisi bek kiri selama beberapa musim. Jadi waktu itu kita pikir Arhan cocok bermain di Selangor,” jelas Keesh.

“Meski kita ingin lihat Arhan main di Malaysia, tapi deep down di dalam sanubari kita, kita tahu Arhan pasti ingin bermain di tempat lebih tinggi lah,” sambungnya lagi.

Meski demikian, Keesh tetap memberikan selamat kepada Arhan. Keputusan Arhan untuk naik tingkat dengan bermain di kompetisi yang lebih baik dianggap sebagai sebuah kenaikan karir.

Keesh menekankan, meski hanya bermain di kasta kedua , Verdy bukanlah klub biasa. Kasta kedua Liga Jepang sangat berbeda dengan kasta kedua liga-liga di negara Asia Tenggara.

“Tahniah Pratama Arhan akan beraksi J2 League. Divisi kedua Jepang ini bukan kaleng-kaleng. Tokyo Verdy adalah salah satu tim paling sukses di sepak bola Jepang. Mereka menang 25 gelar , salah satu yang paling besar di sepak bola Jepang,” lanjut Keesh.

Keesh kemudian membandingkan kualitas sepak bola Jepang dengan negeri asalnya, Malaysia.

Keesh sempat menjadi komentator pada pertandingan kasta ke-tiga Liga Jepang. Meski berkompetisi di piramida ke-tiga Liga Jepang, kompetisi tersebut menurut Keesh, jauh lebih baik dari Liga Super Malaysia.

Saat itu, Keesh bersama coach Nidzam menjadi komentator di enam – tujuh laga Liga 3 Jepang.

“Coach Nidzam sendiri terpesona dengan kualitas sepak bola kasta ketiga Jepang, secara teknis luar biasa, bahkan lebih baik dari Liga Super Malaysia. Kalau J3 saja sudah bagus kualitasnya apalagi J2 yang akan jadi tempat Pratama Arhan beraksi,” tutup analis sepakbola asal negeri Jiran tersebut.