Sebelum Era STY, 5 Pemain Ini Jadi Langganan Timnas Indonesia
Selebrasi gol Stefano Lilipaly ketika ia masih memperkuat Indonesia

NOBARTV NEWS – Sejak kedatangannya di Indonesia, Shin Tae-Yong melakukan banyak langkah besar dalam menangani . satunya dengan memilih pemain muda untuk mengisi skuad Garuda Indonesia daripada pemain tua namun berpengalaman.

Terhitung, ada lima pemain yang sebelumnya selalu dipanggil PSSI untuk membela Timnas Indonesia. Namun, saat ini mereka kian tersingkir dari skuad Indonesia – meski di klub masing-masing mereka memiliki peran penting di dalamnya.

1. Hansamu Yama Pranata

Bek andalan Timnas Indonesia di era Luis Milla ini tersingkir ketika Shin Tae-Yong mengambil alih kendali Timnas Indonesia. Pemain jangkung yang saat kini membela ini telah mencatatkan 18 penampilan di BRI Liga 1. Meski berposisi sebagai bek, Hansamu telah mengemas 2 gol dari 18 pertandingan tersebut.

2.

Gelandang lincah yang pernah membela FC di Liga Super Malaysia ini selalu menjadi andalan Timnas Indonesia di masanya. Ia pernah memperkuat Timnas U-23 hingga senior.

Meski sudah berusia 30 tahun, Andik sukses membuat 6 assist untuk klubnya Bhayangkara di BRI Liga 1 musim ini.

Tercatat, Andik pernah membela berbagai klub dalam dan luar negeri. , , Kedah FA, , dan kini Bhayangkara FC.

3. Beto Goncalves

Meski sudah berusia 41 tahun, Beto masih menunjukkan tajinya di kompetisi domestik Liga 1 maupun kasta kedua yakni Liga 2 Indonesia. Jumlah gol Beto musim ini sangat spesial. Pasalnya, dari 14 pertandingan yang dilakoninya dengan Madura United, pemain kelahiran Brasil ini sudah mengemas 7 gol dan 3 assist.

4. Stefano Lilipaly

Lilipaly sempat dianggap ceroboh ketika ia lebih meninggalkan klubnya SC Cambuur di Liga Belanda.

Musim 2017/2018, Lilipaly memutuskan diri untuk melanjutkan karirnya di Indonesia dengan membela Bali United.

Hasilnya, ia sukses membawa Bali United sebagai juara Liga 1 Indonesia dua kali berturut-turut. Namun sayang, performa baiknya bersama Bali United tidak menarik minat Shin Tae-Yong untuk menggunakan jasanya di Timnas Indonesia.

5.

Saddil Ramdani tengah naik daun di negeri tetangga, Malaysia. Bermain bersama Sabah FC, Saddil menunjukkan performa menanjak dari hari ke hari.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto menjelaskan jika Shin Tae-Yong bisa saja memanggilnya di masa mendatang.