SEA Games : Catat! Berikut Jadwal Timnas Indonesia vs Vietnam
Final SEA Games 2019 antara vs

NOBARTV NEWS – Malam ini, U-23 akan berhadapan dengan Vietnam di partai perdananya di SEA Games 2021. Meski menghadapi tim dengan status juara bertahan, Shin Tae-Yong cukup yakin bisa mengalahkan lawannya tersebut.

Selain mempertemukan dua finalis SEA Games sebelumnya, laga antara Timnas Indonesia dan Vietnam kali ini juga mempertemukan dua top asal Selatan.

Park Hang-Seo lebih dulu menginjakkan kakinya di Asia Tenggara, lalu disusul oleh Shin Tae-Yong beberapa bulan sesudahnya. Keduanya bahkan pernah beradu taktik pada tahun lalu. Tepatnya ketika Indonesia bertemu Vietnam di fase 2020.

Sebagai seorang pelatih profesional, ke-duanya saling memuji satu sama lain.

Shin Tae-Yong memuji pelatih Timnas Vietnam itu secara personal. Shin Tae-Yong merasa bangga karena akan menghadapi pelatih senegaranya.

“Pelatih Park Hang-seo bekerja dengan baik di Vietnam. Sebagai orang Korea Selatan, saya sangat bangga kepadanya,” ujar Shin Tae-Yong dalam konferensi pers, kemarin.

Coach Shin tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Park Hang-Seo.

“Berterima kasih juga kepada Park Hang-seo, dia sebagai senior saya di dunia .Baik saya dan Tuan Park akan melakukan segala upaya untuk melakukan pekerjaan kami dengan baik,” tambahnya.

Shin Tae-Yong turut mengungkit kemenangan Vietnam atas Indonesia di final SEA Games 2019 lalu. Saat itu, Timnas Indonesia takluk di partai final atas Vietnam. Meski demikian, Shin Tae-Yong menganggap laga itu sebagai angin lalu. Saat ini, ia siap memberikan penampilan terbaiknya untuk Timnas Indonesia.

“Saya menonton final SEA Games 2019 di TV dan ingat dengan jelas bahwa mengalahkan Indonesia U23 dengan skor 3-0. Kalau dari segi permainan hampir sama. Tetapi, itu semua hanya masa lalu, sudah berlalu,” tutupnya.

Di hari yang sama (kemarin), Park Hang-Seo juga mengomentari skuad Timnas Indonesia. Ia mengungkapkan Timnas Indonesia cukup menyulitkan dan telah mengalami perubahan sejak dilatih oleh Shin Tae-Yong. Ringkasnya, Timnas Indonesia yang sekarang sangat berbeda dengan tim yang dikalahkan Vietnam di final SEA Games tiga tahun yang lalu.

“Saya pikir mereka memiliki kekuatan yang luar biasa, kekuatan yang jauh lebih besar dari SEA Games sebelumnya,” tutur Park Hang-Seo.

Park turut menyinggung pertemuan terakhir keduanya ketika berlaga di Piala AFF tahun lalu. Ia menyebut Timnas Indonesia telah membawa timnya ke jalan yang buntu (berhadapan dengan Thailand di babak semi-final).

“Indonesia bermain bertahan dan membawa Vietnam menemui jalan butu di Piala AFF 2020. Apakah kamu punya rencana untuk menghadapinya? Faktanya kami tidak tahu aa yang akan digunakan saat bertemu Vietnam,” ucap Park Hang-Seo.

Namun demikian, Park sangat yakin akan skuad yang dimilikinya. Dan ia telah menyiapkan taktik dan opsi untuk pertandingan menghadapi Timnas Indonesia.

“Kami selalu berusaha menyiapkan opsi untuk setiap situasi. Tergantung situasinya, kami akan membuat rencana untuk mendapatkan hasil terbaik dalam pertandingan,” tuturnya.

Laga ini akan dilangsungkan pada pukul 19.00 WIB dan bisa disiarkan secara langsung di stasiun televisi swasta, RCTI dan iNews TV. Serta bisa ditonton lewat link streaming di RCTI+.