SEA Games 2021 : Rio Fahmi Disebut sebagai Biang Kekalahan Timnas Indonesia
Rio Fahmi dalam laga kontra , semalam.

NOBARTV NEWS – Rio Fahmi disebut sebagai satu biang keladi digilasnya Timnas ketika berhadapan dengan Vietnam semalam. Menghadapi bertahan sekaligus tuan rumah, Indonesia takluk dengan skor akhir 3 – 0.

Kegagalan Indonesia di laga perdananya tak lepas dari bobroknya lini belakang anak asuh Shin Tae-Yong itu. Timnas Indonesia beberapa kali dieksploitasi lewat sisi sayap – terutama sisi yang menjadi tanggung jawab Fahmi.

Absennya membuat Rio Fahmi mendapatkan debut perdananya untuk Timnas U-23. Sayang, dalam debutnya semalam, ia menjadi pemain yang paling sering melakukan kesalahan. Baik itu gagal menutup ruang atau kalah sprint dengan pemain lawan.

Fahmi mendapatkan jatah bermain karena Asnawi tengah bermain bersama klubnya, Ansan Greeners. Ansan akan melepas Asnawi setelah ia menjalani laga ketika Ansan berhadapan dengan Anyang di kompetisi K2 League.

Gol pertama Vietnam tak lepas dari kesalahannya. Meski demikian, pemain lain juga sama buruknya menghalau umpan tarik yang menjadi penyebab gol pertama tuan rumah.

Sebelumnya, Fahmi terpilih untuk mengikuti 2021 ini karena hasil penilaian dari Shin Tae-Yong selama melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan. Fahmi menyingkirkan dua nama pemain yang berposisi sama dengannya. Keduanya adalah Bagas Kaffa (Barito Putera) dan (Persebaya Surabaya).

Fahmi pun mau tidak mau dijadikan starter dalam laga ini (vs Vietnam). Dia hanya diproyeksikan jika Asnawi tidak tampil saja. Jika pemain Ansan Greeners itu sedang fit dan siap berlaga, besar kemungkinan Fahmi tidak diturunkan – ringkasnya, Fahmi adalah pelapis untuk Bahar.

Maka, ketika ia banyak melakukan blunder semalam, namanya menghiasi jagat media sosial khususnya twitter. Nama Fahmi menjadi trending topik selama beberapa jam. Banyak netizen yang menyayangkan kenapa bukan Bagas Kaffa yang dipilih oleh Shin Tae-Yong. Atau Koko Ari yang lebih dewasa dari segi umur. Untuk Rio, pemain tersebut terbilang masih muda dan sangat minim pengalaman.

Kabar buruknya, Asnawi yang saat ini masih di Korea Selatan dikabarkan mengalami cidera ketika Ansan menghadapi Anyang. Hal ini menjadi tanda bahaya untuk Timnas Indonesia. Mengingat skuad asuhan Shin Tae-Yong itu akan melakoni laga keduanya menghadapi esok malam.

Jika Asnawi tidak fit atau bahkan telat untuk bergabung bersama rekannya di Timnas U-23, maka bisa jadi Rio akan kembali diturunkan dalam laga kedua fase grup SEA Games 2021 tersebut.