SEA Games 2021 : Mantap! WNI Dikerahkan Hadir di Laga Indonesia Kontra Vietnam
Suporter Indonesia

NOBARTV NEWS – Berstatus sebagai tuan rumah , Vietnam lebih diuntungkan karena akan disaksikan oleh puluhan ribu penggemarnya. Meski demikian, KBRI di Hanoi juga akan mengerahkan suporter dalam laga tersebut – meski tidak sebanyak penonton tuan rumah.

Laga antara Vietnam kontra Indonesia akan tersaji pada malam nanti. Tiket untuk pertandingan tersebut bahkan sudah ludes terjual sejak tempo hari. Anime penonton untuk menyaksikan dua tim terbaik di SEA Games 2021 ini tak terbendung. Laga ini diprediksi berjalan ketat dan penuh tensi.

Suporter (atau sebut saja penggemar) memiliki pengaruh besar terhadap jalannya pertandingan. Mereka memang tidak hadir di atas lapangan. Namun, keberadaannya di pinggir lapangan kerap membuat jalannya pertandingan berubah.

Suporter tidak ikut menendang bola, mereka tidak ikut menjaga pertahanan. Namun kehadirannya mampu membuat mental pemain redup seketika. Maka, kehadiran suporter bukan semata-mata untuk menarik pundi uang dari mereka. Mereka juga berperan penting mengubah jalannya pertandingan lewat pengaruh psikologisnya.

Kabarnya, laga Vietnam vs Indonesia akan disaksikan oleh puluhan ribu suporter tuan rumah. Hal ini tentu menguntungkan untuk Vietnam. Bahkan pelatih , Shin Tae-Yong juga mengakui hal tersebut. Suporter Vietnam bisa meneror mentalitas anak-anak Indonesia.

“Memang, Vietnam berstatus tuan rumah dan penyelenggara acara. Jadi, pastinya kondisi ini merugikan kami ketimbang lawan,” ujar Shin Tae-Yong beberapa waktu lalu.

Dengan demikian, Shin Tae-Yong harus memberikan mentalitas dan arahan kepada anak asuhnya. Mereka tidak perlu gegabah atau tersulut emosi hanya karena suporter Vietnam yang bisa saja dengan sengaja memancing emosi para pemain.

Namun kabarnya, Timnas Indonesia tidak akan ditinggal sendirian. Sebab suporter Indonesia juga akan hadir di . Mereka akan mendukung perjuangan dkk di laga perdana A tersebut.

Hal itu disampaikan oleh Ferry J Kono selaku Chef de Mission Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021.

“KBRI bersedia membantu, tetapi jumlah WNI di Hanoi tidak banyak. Kami mengharapkan setidaknya ada spot khusus suporter . Jumlah bukan ukuran, tetapi kehadiran penonton diharapkan bisa menyemangati pemain,” jelas Ferry J Kono.

Kehadiran para WNI itu diharapkan mampu menjadi penyemangat untuk muda Indonesia. Fery juga berharap anak-anak Timnas Indonesia tidak mudah terpancing oleh banyaknya suporter tuan rumah. Sebab seperti yang kita ketahui, mental serta emosi tergantung pada kondisi. Bisa naik dan bisa turun tergantung lingkungan serta faktor yang memengaruhinya.

“Secara teknis tentu pelatih yang lebih mengetahui strategi apa yang akan digunakan, tetapi pertandingan melawan Vietnam ini krusial,” lanjut Ferry.

Terakhir, Ferry berharap agar laga tersebut berjalan lancar serta kondusif sehingga semua pihak merasa aman dan nyaman.

“Kami akan berkomunikasi aktif dengan VIESGOC (panitia penyelenggara) dan memastikan laga nanti berjalan sesuai aturan dan menjunjung tinggi sportivitas,” tutupnya.