SEA Games 2021 : Lini Tengah Timnas Indonesia Mengerikan
Ricky Kambuaya

NOBARTV NEWS – Shin Tae-Yong telah memanggil 20 nama untuk mengikuti turnamen SEA Games 2021. Menariknya, untuk posisi gelandang, Shin Tae-Yong memanggil tiga pemain dari klub yang sama.

Tiga pemain tersebut adalah Marc Anthony Klok, Ricky Kambuaya, dan Rachmat Irianto. Ketiganya bermain untuk klub asal Jawa Barat, Persib . Dua nama terakhir adalah yang sebelumnya merumput untuk Surabaya.

Namun, hanya Marc Klok seorang yang merupakan pemain baru sehingga SEA Games ini adalah laga perdananya di event resmi bersama Timnas Indonesia. Sedangkan Kambuaya dan Irianto, keduanya adalah pemain inti ketika Timnas Indonesia meraih posisi runner-up pada Piala AFF tahun lalu.

Baik Kambuaya maupun Klok, keduanya mengisi kuota pemain senior yang diperbolehkan untuk mengikuti turnamen tersebut. SEA Games 2021 terkhusus cabang olahraga sepak bola putra, ‘hanya’ mengizinkan tiga pemain berusia di atas 23 tahun untuk mengikuti ajang. Satu pemain senior lainnya adalah bek tengah Madura FC, .

Selain ke-tiga nama tersebut, Shin Tae-Yong juga memanggil gelandang muda berbakat milik , Marselino Ferdinan. Marselino merupakan anggota yang sebelumnya juga melakukan pemusatan latihan di Korea Selatan. Ia menjadi salah satu pemain muda yang dipromosikan untuk bergabung bersama Timnas U-23.

Bersama Timnas U-19 sendiri, Marselino memiliki agenda yang jauh lebih penting. Tahun depan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Indonesia sendiri bertindak sebagai tuan rumah – sehingga, ia dan beserta kawan-kawannya otomatis lolos ke fase grup Piala Dunia U-20.

lainnya diisi oleh Syahrian Abimanyu. Gelandang milik Jakarta itu melengkapi trio Persib Bandung dan pemain muda Persebaya Surabaya tersebut. Namun, seperti apa line up lini tengah Timnas Indonesia nanti?

Shin Tae-Yong diperkirakan akan menurunkan trio Persib Bandungnya sekaligus jika menggunakan formasi 4 – 3 – 3. Irianto akan bermain agak ke belakang sebagai gelandang bertahan. Sedangkan Kambuaya dan Klok akan mengisi gelandang tengah kiri dan kanan.

Posisi yang ditempati Klok dan Kambuaya memiliki fungsi ketika mereka bermain ofensif. Umpan-umpan Klok ke lini depan serta pergerakan Kambuaya akan memudahkan penyerang Timnas Indonesia yang diperkirakan akan diemban oleh Ronaldo Kwateh atau Muhammad Ridwan.

Syahrian Abimanyu dan Marselino Ferdinan bisa menjadi pelapis sempurna untuk Klok dan Kambuaya. Sedangkan untuk Egy, Witan, ataupun , meskipun ke-tiganya bisa bermain sebagai gelandang, akan lebih baik pemain-pemain tersebut ditempatkan di posisi sayap Timnas Indonesia.

Namun sekali lagi, ini hanyalah sebuah prediksi. Sebab keputusan penuh hanya dimiliki oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong.