SEA Games 2021 : Kembali Berulah, Media Vietnam Remehkan Timnas Indonesia
Marc Klok dijatuhkan pemain Timor-Leste, semalam

NOBARTV NEWS – Bumbu-bumbu persaingan cabor (cabang olahraga) sepak bola putra 2022 tidak hanya ditebar oleh tim-tim yang bertanding saja. Semua kalangan ikut memeriahkan atau sekadar meramaikan lewat komentarnya terkait event terbesar se-Asia Tenggara ini. Salah satunya adalah media online yang turut memberikan pandangannya – namun terkadang ikut melakukan psywar.

Salah satu media yang dimaksud adalah The Thao247. Media online yang berbasis di itu tidak henti-hentinya mengomentari penampilan anak asuh Shin Tae-Yong.

Di Piala AFF tahun lalu, The Thao247 termasuk salah satu media yang meremehkan pasukan yang diisi oleh mayoritas pemain mudanya. Lalu bagaimana kenyataannya? Indonesia lolos hingga meraih posisi runner-up.

Kini, di turnamen SEA Games 2021 ini, The Thao247 kembali menebar psywar dan menyebut Timnas Indonesia lemah.

Memang betul Timnas Indonesia takluk dari Vietnam di laga perdananya. Namun parahnya, The Thao247 mengatakan skuad asuhan Shin Tae-Yong itu lebih lemah dari Timnas . Timnas Kamboja saat ini berada di grup B SEA Games 2021.

Di laga perdananya kemarin, Kamboja yang dipimpin oleh legenda hidup Timnas Jepang, Keisuke Honda sukses menggulung Timnas Laos 4 – 1. Kemenangan Kamboja menjadi sorotan pasalnya dalam setiap turnamen baik itu SEA Games maupun Piala AFF, tim berjuluk Young Angkors itu selalu menjadi lumbung gol tim lawan.

Namun, media tersebut juga tak sepantasnya menyamakan Timnas Indonesia dengan Kamboja – bahkan menyebut Indonesia sebagai tim lemah dibanding anak asuh Keisuke Honda itu.

Masih menurut media tersebut, Kamboja diyakini akan lolos ke babak semifinal SEA Games menemani Timnas Thailand di grup B.

“Kamboja lebih kuat dari Indonesia, mereka akan masuk ke semifinal SEA Games 2021,” tulis The Thao247.

Namun Indonesia tidak bisa diremehkan begitu saja. Sebab persaingan di grup A sangat kompleks dan tidak mudah untuk ditebak.

Sebagai contoh, Timnas Filipina sukses menggulung Timnas 4 – 1 di partai perdananya. Kemudian bermain imbang melawan tim tuan rumah Vietnam. Di laga ketiganya, mereka dikejutkan oleh Myanmar 3 – 2.

Begitu juga dengan Indonesia. Anak asuh Shin Tae-Yong itu takluk dari Vietnam 3 – 0 namun sukses menyingkirkan Timor Leste 4 – 1. Sedangkan untuk Vietnam, mereka baru meraih satu kali kemenangan dan satu kali bermain imbang.

Lalu, apa yang membingungkan dari grup A ini?

Bukan Vietnam atau Indonesia bahkan Filipina yang menempati posisi pertama. Namun Timnas Myanmar, yang sebelumnya tidak pernah diprediksi akan mendulang poin bahkan sukses berada di papan atas.