SEA Games 2021 : Indonesia Dipecundangi Vietnam 3 - 0
Timnas Indonesia vs di laga A SEA Games 2021

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia digilas Vietnam 3 – 0 dalam laga perdananya di grup A SEA Games 2021. Di hadapan puluhan ribu suporter tuan rumah, skuad Garuda tidak bisa berbuat apa-apa.

Hasil ini sangat mengecewakan suporter Timnas Indonesia. Pertandingan yang diprediksi akan terjadi jual – beli serangan, pada kenyataannya tidak kita saksikan sepanjang laga. Tuan rumah justru lebih sering ‘beli’ serangan. Sedangkan Timnas Indonesia ‘menjual’ pertahanannya sepanjang laga.

Shin Tae-Yong memainkan striker tunggal yakni . Sayang, aliran bola yang diterimanya sangat kurang. Bek-bek sayap Timnas Indonesia juga tidak mampu memberikan tekanan lewat sisi sayap. Mereka justru sering diserang lewat sisi tersebut.

Di lini tengah, Timnas Indonesia kesulitan mengembangkan serangannya. Bahkan, seperti ‘tidak ada’ dalam pertandingan. Bukan tidak ada dalam artian dirinya tidak terlihat lalu tiba-tiba memberikan umpan manja kepada kawannya. Namun pemain itu memang jarang sekali mendapatkan bola.

Sehingga Irfan Jauhari terpaksa turun menjemput bola. Termasuk duo winger Timnas Indonesia, Maulana Vikri dan Saddil Ramdani.

Satu-satunya peluang yang didapatkan Timnas Indonesia pada babak pertama terjadi lewat tendangan pojok. Marc Klok memberikan umpan melengkung sehingga membuat kiper Vietnam kesulitan menghalaunya. Dengan sigap, ia membuang bola dan menghasilkan tendangan pojok lainnya.

Babak pertama berakhir tanpa adanya gol tercipta.

Babak kedua dimulai, Syahrian Abimanyu masuk menggantikan posisi Rachmat Irianto.

Vietnam masih lebih sering menyerang pertahanan Timnas Indonesia. Absennya Asnawi sangat terasa dalam pertandingan ini. Sisi kanan yang biasa ditempati Asnawi menjadi sumber serangan Timnas Vietnam.

Pemain muda Persija, Rio Fahmi kerap kesulitan menghalau serangan-serangan lawan. Hasilnya, pada menit ke-54, gawang Adi Satryo akhirnya kebobolan.

Memanfaatkan umpan tarik rekannya, pemain nomor punggung 9 sukses menceploskan bola ke gawang Timnas Indonesia.

Shin Tae-Yong merespon gol tersebut dengan memasukkan tiga pemain sekaligus. , Saddil Ramdani, dan Irfan Jauhari ditarik dan digantikan oleh Alfeandra Dewangga, Witan Sulaeman, dan Ronaldo Kwateh.

Menit ke-73, Timnas Vietnam kembali membobol gawang Indonesia. Umpan satu – dua tepat di depan kotak penalti Indonesia mampu dimanfaatkan oleh kapten Timnas Vietnam. Vietnam 2, Indonesia 0.

9 menit sebelum waktu normal berakhir, Ronaldo Kwateh yang masuk pada babak kedua justru diganti. Sang pemain digantikan oleh .

Masuknya Ferdinan tidak mampu mengubah apa-apa. Bahkan dua menit sebelum babak kedua berakhir, gawang Timnas Indonesia dibobol untuk ketiga kalinya. Lewat sisi kanan di luar kotak penalti Timnas Indonesia, salah satu pemain Vietnam memberikan tembakan jarak jauhnya.

Pemain belakang Timnas Indonesia gagal menghalau bola. Adi Satryo yang tak sigap dan juga pandangan terhalang hanya bisa melihat bola tersebut masuk untuk ke-tiga kalinya ke gawang yang dijaganya.

Hasil ini membuat Timnas Indonesia mengulang kejadian terakhir kali keduanya bertemu. Di SEA Games 2019, Timnas Indonesia takluk di partai dari Vietnam dengan skor akhir 3 – 0. Di laga pembukanya di SEA Games 2021 tahun ini, mereka (Timnas Indonesia) takluk dari lawan yang sama – dengan skor yang sama juga.