Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS – Seruan untuk mencopot pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong bergema usai sang pelatih gagal membawa Timnas Indonesia U-23 ke partai final SEA Games 2021. Netizen sudah kehabisan kesabaran karena sampai saat ini, sang pelatih belum mampu membawa trofi tersebut (SEA Games 2021 dan Piala AFF 2020) ke Indonesia.

Tuntutan suporter terhadap federasi (PSSI) untuk mengganti Shin Tae-Yong cukup beralasan. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang dilarang. Pelatih dikontrak oleh klub atau sebuah federasi demi memajukan persepakbolaan di tempat ia dipercaya. Namun, jika progres tidak menunjukkan tanda-tanda positif, maka sudah sewajarnya jika sang pelatih untuk diganti.

Di era pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, beberapa nama sudah terbuang bahkan dipecat oleh PSSI. Sebut saja Alfred Riedl, Luis Milla, hingga Indra Sjafri. Ketiga nama tersebut hingga saat ini belum mampu membawa Timnas Indonesia merengkuh gelar SEA Games.

Dan kini, ketika netizen meminta agar sang pelatih untuk diganti, apakah hal tersebut adalah sebuah pelanggaran dan tidak boleh dilakukan?

Jawabannya tidak. Sebagai masyarakat Indonesia – yang menginginkan tim nasionalnya berkancah di level yang lebih tinggi, atau mendapatkan juara yang sudah lama diidamkan-idamkan, kita semua berhak menyuarakan aspirasi. Termasuk dengan meminta agar Shin Tae-Yong segera untuk diganti.

Usai Timnas Indonesia U-23 takluk di laga semifinal kemarin, akun media sosial PSSI diserbu banyak netizen.

Banyak netizen menulis hastag #STYOut. Kebanyakan dari mereka merasa tidak puas dengan kinerja sang pelatih meski dirinya (Shin Tae-Yong) berlabel pelatih internasional. Tagar tersebut murni disuarakan oleh rakyat Indonesia yang menginginkan tim nasionalnya berubah ke arah yang lebih baik.

“#ShinTaeYongOut,” bunyi komentar salah satu netizen.

Beberapa di antara mereka juga menyebut nama mantan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Luis Milla.

“#STYOut Luis Milla In,” timpal @haidhir_muh***

Untuk diketahui, kontrak Shin Tae-Yong akan berlangsung hingga Desember 2023. Berarti, kontraknya akan bertahan lebih dari satu tahun ke depan.

Dan di tahun depan, Shin Tae-Yong akan kembali beraksi bersama Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Dunia U-20. Serta di waktu dekat, ia akan menangani Timnas senior untuk tampil di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.