SEA Games 2021 : Fakta dan Data Usai Indonesia Tekuk Timor Leste 4 - 1
Witan Sulaeman dan Fachruddin Aryanto

NOBARTV NEWS – Di setiap pertandingan, selalu ada fakta dan data yang mengiringi setiap laga. Termasuk dalam laga antara Indonesia vs semalam.
Dengan data dan fakta tersebut, semua orang bisa mengingat kejadian yang sudah sangat lama terjadi – bahkan ketika sang pencari data belum lahir saat itu. Dengan fakta, hal itu bisa menjadi penguat jika kejadian itu benar-benar terjadi.
Setiap orang memiliki memori dalam dirinya masing-masing. Hanya saja tergantung bagaimana cara ia tetap menjaga memori tersebut. Apakah direkam, ditulis, atau malah dipendam sendiri. Cara terakhir adalah hal yang sangat merugikan – sebab keterbatasan otak manusia yang membuat hal itu bisa dilupakan begitu saja.
Umur tidak ada yang tahu. Jika memori (ingatan) itu tidak dialihkan menjadi serupa tulisan atau media lainnya, ia akan hilang dan tidak akan pernah terbaca lagi. Serta orang lain tidak akan pernah tahu isi memori tersebut.
Dalam laga antara Indonesia vs Timor Leste semalam, beberapa fakta baru muncul dan akan dikenang – entah itu baik atau buruk. Tergantung bagaimana cara orang dan siapa yang menyikapinya.
1. Poin pertama di 2021
Kemenangan Timnas Indonesia atas Timor Leste semalam membuat skuad asuhan Shin Tae-Yong mendapatkan tiga poin pertamanya. Di laga sebelumnya, Marc Klok dkk tumbang di hadapan puluhan ribu suporter tuan rumah. Dalam laga tersebut, Indonesia takluk 3 – 0 dari .
Dengan kemenangan 4 – 1 atas Timor Leste, maka Indonesia kini memperoleh 3 poin di grup A SEA Games 2021.
2. Indonesia Selalu Menang ketika Berhadapan dengan Timor Leste
Hingga saat ini, Timnas Indonesia masih terlalu tangguh untuk Timnas Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan mereka (Timor Leste) yang tak pernah memenangi satu laga pun ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia.
Sebelum SEA Games 2021 ini, Timnas Indonesia dan Timor Leste sempat bertemu dalam ajang FIFA Matchday.
Hasilnya, Timnas Indonesia sukses menaklukkan negara tetangganya itu lewat dua kali pertandingan sekaligus.
3. Timor Leste Gugur dari SEA Games 2021
Kekalahan tiga kali beruntun membuat anak asuh harus angkat koper lebih awal. Meski masih menyisakan satu laga sisa lagi, namun poin yang mereka dapatkan tidak akan mungkin mengejar tim peringkat satu dan dua.
Andaikata Timor Leste menang atas Vietnam di laga terakhirnya, mereka hanya memperoleh tiga poin saja. Sedangkan saat ini, di posisi kedua dan ketiga poin yang mereka miliki untuk sementara adalah 6 poin (Myanmar) dan 4 poin (Vietnam dan ).
Indonesia sendiri berada di urutan ke-4 dengan raihan 3 poin. Namun, Indonesia masih bisa bertahan karena menyisakan dua pertandingan lagi di grup A (vs Myanmar dan Filipina).