SEA Games 2021 : 3 Pemain yang Sebaiknya Diistirahatkan dalam Laga Kontra Timor-Leste Besok
Skuad Timnas Indonesia dalam laga kontra Vietnam kemarin

NOBARTV NEWS – Timnas Indonesia akan menjalani partai kedua SEA Games 2021 pada esok malam. Skuad Shin Tae-Yong itu akan berhadapan dengan tim asuhan , Timnas .

Untuk Timnas Timor-Leste, laga melawan Indonesia menjadi laga ketiganya. Mereka telah menjalani partai keduanya pada Minggu, 8 Mei kemarin.

Sialnya, kedua tim ini belum pernah mengemas kemenangan. Indonesia takluk dari tuan rumah Vietnam 3 – 0 dan Timor Leste kalah secara beruntun dari Filipina (4 – 0) dan (3 – 2).

Dalam pertemuan keduanya esok, kedua tim ini sama-sama mengincar kemenangan – namun secara materi, skuad Timnas Indonesia jauh lebih diunggulkan.

Setidaknya ada dua faktor yang membuat skuad asuhan Shin Tae-Yong lebih diunggulkan keluar sebagai juara.

Pertama, Timnas Indonesia mendapat jatah istirahat yang lebih banyak dari Timor Leste. Timnas Indonesia mendapat jatah istirahat selama tiga hari – terhitung sejak Sabtu, Minggu, dan hari ini (Senin). Sedangkan Timor Leste hanya mendapatkan jatah libur satu hari yaitu di hari ini saja. Dengan demikian, fisik dan stamina dkk lebih prima dari anak asuh Fabio Magrao itu.

Kedua, kekuatan Timnas Timor-Leste berkurang setelah dua pemainnya dinyatakan positif covid-19. Kedua pemain tersebut saat ini tengah diisolasi secara terpisah.

Namun, untuk meraih kemenangan dalam laga esok malam, tidak cukup hanya bermodalkan dua faktor itu saja. Ada faktor yang harus dibenahi dari sisi skuad Timnas Indonesia terutama dari sisi skuad yang akan diturunkan.

Setidaknya, ada tiga pemain yang semestinya dibangkucadangkan. Siapa saja?

1.

Dalam laga kontra Vietnam Jumat lalu, Fahmi tidak tampil maksimal karena beberapa kali gagal menahan gempuran pemain Vietnam lewat sisi sayap yang ditempatinya.

Absennya Asnawi membuat Fahmi diturunkan dalam laga tersebut. Sayang, sang pemain gagal memenuhi ekspektasi tinggi suporter Timnas Indonesia. Fahmi masih belum layak disebut sebagai pelapis Asnawi Mangkualam Bahar.

2. Irfan Jauhari

Irfan Jauhari menjadi striker tunggal ditemani oleh Saddil Ramdani dan Maulana Vikri. Sayang, pemain itu tidak mendapatkan sodoran bola yang baik dari pemain di belakangnya. Ia kesulitan berkembang karena asupan bola yang sangat kurang. Pemain tengah dan belakang Vietnam kerapkali memotong umpan-umpan yang diberikan kepadanya.

3.

Di posisi bek tengah, Rizky Ridho sebaiknya diistirahatkan dan digantikan oleh Alfeandra Dewangga. Di laga sebelumnya, Rizky Ridho berduet dengan pemain senior Fachruddin Aryanto.

Sayang, duet tersebut tidak mampu membawa gawang Timnas Indonesia perawan sepanjang laga. Dalam laga kontra Vietnam tersebut, Dewangga masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Ia bahkan tidak menempati posisi bek tengah – melainkan bek sayap kiri.

Namun, keputusan mutlak ada pada Shin Tae-Yong seorang. Sebagai suporter Timnas Indonesia, kita hanya bisa berharap semoga Egy Maulana Vikri dkk meraih kemenangan perdananya di laga keduanya kontra Timor Leste.