Satu Pemain Senior Dicoret dari Pelatnas SEA Games 2021
salah satu pemain senior yang masuk pelatnas SEA Games 2021

NOBARTV NEWS telah mengumumkan 4 nama pemain senior yang akan mengikuti Pelatnas jelang SEA Games mendatang. Namun satu di antara mereka akan dicoret sebelum tim berangkat menuju Vietnam.

Ke-empat pemain tersebut adalah Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Fachruddin Aryanto, dan Marc Anthony Klok.

“Pemain senior yang diperbolehkan bermain di SEA Games maksimal tiga pemain,” jelas Nova Arianto, salah satu asisten pelatih .

“Betul, nantinya akan ada satu pemain senior Timnas Indonesia U-23 yang dipulangkan menjelang SEA Games 2022,” ujarnya menambahkan.

Di setiap ajang SEA Games, panitia telah membuat peraturan khusus untuk cabang olahraga sepak bola. Setiap tim hanya boleh membawa tiga pemain senior dengan usia di atas 23 tahun.

Alasan tersebut dimaksudkan agar setiap tim bermain dengan adil dan memiliki komposisi skuad merata. Setiap tim diperbolehkan membawa siapa saja, namun dipersyaratkan maksimal 3 orang saja untuk pemain seniornya. Jika tim tidak membawanya pun tidak masalah. Hal ini dimaksudkan agar para pemain muda mendapatkan jam terbang yang tinggi.

Dengan dipanggilnya pemain senior juga memiliki maksud lain. Pemain senior dibutuhkan agar pengalaman mereka bisa menjadi pedoman bagi pemain muda lainnya.

Hal ini berbeda dengan Piala . berdiri sendiri. Tanpa cabang olahraga lain. Maka, untuk setiap tim bebas menggunakan pemain mana saja.

PSSI sendiri telah memanggil 29 nama untuk Pelatnas kali ini. Dua nama dipastikan absen bukan karena pilihannya sendiri. Melainkan klub tempat mereka berkarir enggan melepas sang pemain.

Dua pemain yang dimaksud adalah Ramdani (Sabah FC) dan ().

Dengan dipastikannya tidak ada nama Saddil dan Elkan, dan juga satu pemain senior yang akan dicoret, maka tersisa 26 nama pemain saja yang akan mengikuti pemusatan latihan.

Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan akan segera terbang ke Korea Selatan untuk melakukan pemusatan latihan lanjutan. Sebelumnya, mereka sudah mengikutinya sejak beberapa hari yang lalu di stadion Madya, .

Ketika ditanyai perihal Saddil Ramdani, Nova Arianto mengaku tidak akan memanggil pemain pengganti untuknya. Nova dan staf pelatih Timnas Indonesia lainnya cukup yakin dengan 26 nama yang tersisa.

“Kami tidak mencari pemain lain untuk menggantikan Saddil,” tutup asisten pelatih yang pernah bermain di Persib Bandung itu.