Sang Agen Benarkan Ronaldo Kwateh Jalin Komunikasi dengan Klub Turki
Kwateh pada laga kontra

NOBARTV NEWS – Striker Madura United, Ronaldo Kwateh dikabarkan sedang menjalin komunikasi dengan satu klub Turki, Antalyaspor. Hal itu dibenarkan oleh sang agen. Antalyaspor tertarik dengan Ronaldo sejak dirinya bersama Timnas Indonesia U-18 menjalani di Turki tahun lalu.

Hal ini patut disyukuri. Sebab, semakin banyak klub luar yang tertarik kepada pemain Indonesia, hal itu menandakan kualitas pemain kita sudah mengalami peningkatan pesat.

“Ya, untuk klub yang di Turki (Antalyaspor), kita sudah bicara,” ujar agen Ronaldo, Julius Kwateh.

Selain skill, dibutuhkan pula koneksi dan usaha agar pemain Indonesia bisa dilirik tim luar negeri. Dalam hal ini, Ronaldo bisa dibilang beruntung karena memiliki dua hal. Pertama, Ronaldo memiliki skill serta bakat yang mumpuni. Kedua, usaha yang dilakukan yakni menjalani TC di luar negeri membuat pemandu bakat melihat permainannya.

Andaikata Ronaldo hanya memiliki skill saja, belum tentu ada klub yang tertarik mendatangkannya. Meskipun ia bersinar di . Hal ini disebabkan kurangnya pemandu bakat yang mencari pemain berkualitas hingga dataran Asia Tenggara.

Beda Ronaldo, beda pula . Asnawi Mangkualam bisa berkarir di karena ia memiliki koneksi. Shin Tae-Yong menjadi jalan sehingga pemain asal Makassar itu bisa berkarir di luar negeri.

Sayangnya, meski Antalyaspor tertarik kepadanya (Ronaldo), mereka tidak bisa mendatangkannya. Sebab, dalam salah satu poin FIFA, dikatakan bahwa pemain di bawah usia 18 tahun termasuk pelanggaran.

“Tapi (sesuai) peraturan FIFA, Ronaldo harus berusia 18 tahun. Jadi kita lagi tunggu beberapa bulan lagi,” ujar sang agen.

Selama menjalani pemusatan latihan di Turki, Ronaldo Kwateh sukses mengemas lima gol dari tiga pertandingan yang dilakoninya.

Penampilan impresifnya itu membuat pemandu bakat menaruh perhatian kepadanya. Saat ditanyai terkait ketertarikan tim luar kepadanya, Ronaldo menjawab, “Pasti lah saya juga ingin berkarir di luar negeri, di , itu impian saya.”