Sah! Shayne Pattynama Resmi Jadi Pemain Naturalisasi ke-38 Sepanjang Sejarah!

Sah! Shayne Pattynama Resmi Jadi Pemain Naturalisasi ke-38 Sepanjang Sejarah!

NOBARTV NEWS akhirnya resmi menjadi WNI. Kini, ia menjadi pemain ke-38 yang telah dinaturalisasi sepanjang sejarah sepak bola .

Sebagaimana diketahui, telah melangsungkan sumpah WNI di Kantor Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Sumpah tersebut dilakukan pada sore hari tadi. Ketua umum PSSI dan salah satu exco-nya Hamdan Hamedan turut menemani.

kuis tebak skor 21 s/d 23 Januari

 

Dalam sumpah tersebut, Shayne menyatakan kesetiaannya kepada NKRI, Undang-Undang Dasar Republik , serta Pancasila. Ia juga berjanji akan melakukan seluruh kewajibannya sebagai seorang Warga Negara .

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya menyatakan dan berjanji dengan sungguh-sungguh melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing, mengakui, tunduk, dan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, dan Undang Undang Dasar negara Republik Indonesia tahun 1945,” kata Pattynama.

“Dan akan membelanya dengan sungguh-sungguh serta akan menjalankan kewajiban yang dibebankan negara kepada saya sebagai Warga Negara Indonesia dengan tulus ikhlas. Kiranya Tuhan menolong saya,” lanjutnya lagi.

Dalam proses sumpah tersebut, Pattynama tidak mengalami kesulitan ketika menyanyikan lagu wajib nasional Indonesia Raya. Dengan lantang, tanpa hambatan, bek sayap FK itu mengucapkannya dengan lancar.

Berita Terkait:  FK Senica Disanksi FIFA, Witan Terancam Gagal Tampil di Liga Slovakia?

Kini, setelah resmi menjadi WNI, diharapkan sudah bisa turun di ajang 2023. Karena sebagaimana diketahui, ia menjadi satu dari tiga pemain yang diharapkan tampil di even tersebut. Sebelumnya, sudah ada nama Sandy Walsh dan Jordi yang juga telah melalui proses tersebut.

Pattynama tinggal menunggu proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI. Surat perpindahan federasi tersebut akan dikeluarkan oleh FIFA selaku organisasi sepak bola tertinggi di dunia. Akan tetapi, proses tersebut tidak akan memakan waktu lama. Sama halnya ketika Jordi Amat dan Sandy Walsh beberapa waktu lalu.

Saat itu, keduanya selesai dinaturalisasi menjelang Piala AFF . Namun tak menunggu waktu lama, FIFA memberikan surat persetujuan perpindahan federasi sehingga keduanya bisa turun di even tersebut.

Adapun Shayne Pattynama, kini ia menjadi pemain ke-38 yang sudah dinaturalisasi. Akan tetapi, dari nama-nama yang sudah dinaturalisasi tersebut tak semuanya sukses ketika membela Indonesia. Semoga dengan dinaturalisasinya Pattynama, sang pemain bisa membawa efek positif bagi Indonesia.

Berita Terkait:  Witan Terlempar dari Skuad Lechia Gdansk, Tanda Dipinjamkan Lagi?

Berikut 38 pemain naturalisasi sepanjang sejarah Indonesia:

  1. Arnol van der Vin
  2. Kim Jeffrey Kurniawan

  3. Mahamadou Al Hadji

4 . Bio Paulin

  1. Tonnie Cusell

  2. Jhonny van Beukering

  3. Ruben Wuarbanaran

  4. Diego Michelis

  5. Guy Junior

  6. Cristian Gonzales

  7. Greg Nwokolo

  8. Stefano Lilipaly

  9. Herman Dzumafo

  10. Godstime Ouseloka Egwuatu

  11. Cristian Alejanro

  12. Fabiano Beltrame

  13. Ouselokaello Benson

  14. Fassawa Camara

  15. Sackie Teah Doe

  16. Bruno Casimir

  17. Mamadou Diallo

  18. Zoubairou Garba

  19. Mufilutau Opeyemi Ogunsola

  20. Silvio Escobar

  21. Ezra Walian

  22. Ilija Spasojevic

  23. Otavio Dutra

  24. Marc Klok

  25. Sergio van Dijk

  26. Raphael Maitimo

  27. OK John

  28. Esteban Vizcarra

  29. Sandy Walsh

  30. Jordi Amat

  31. Shayne Pattynama

Join situs Komunitas Fans Bola NOBARTV.CO.ID - Ada beragam Kuis Tebak Skor (KTS) setiap akhir pekan & even berhadiah jutaan rupiah setiap bulannya [ DAFTAR ]. Cek informasi lebih lanjut : cara mendapatkan poin, klasemen poin bulan ini , pemenang even Oktober

Related Articles

Responses