Sah! Dua Punggawa Timnas Indonesia, Kambuaya dan Irianto Hijrah ke Persib Bandung
Komik Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya dengan jersey (sumber : akun media sosial )

NOBARTV NEWS – Duo pemain andalan , Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto resmi berpisah dengan Persebaya Surabaya. Keduanya akan memperkuat tim asal Jawa Barat, Persib Bandung.

“Sudah resmi sekarang. Selamat datang Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya,” bunyi pengumuman di akun media sosial klub Persib Bandung.

“Kedua gelandang andalan Indonesia pada ajang 2020 silam ini menjalin kesepakatan dengan Persib┬álebih dari satu musim,” lanjutnya lagi.

Terlepas dari masalah yang membuatnya meninggalkan Bajul Ijo, Persebaya harus segera mencari pengganti keduanya. Pasalnya, dua pemain tersebut selalu menjadi pilihan utama Coach Aji Santoso di musim lalu. Peran kedua pemain tersebut cukup krusial dalam laga-laga penting Persebaya.

Selain Kambuaya dan Irianto, Persebaya juga kehilangan dua pemain asingnya yakni Taisei Marukawa yang memilih hengkang ke PSIS Semarang dan Bruno Moreira yang kepincut dengan tawaran klub Eropa.

Musim lalu, Persebaya hanya mampu finis di urutan ke-5 BRI . Mereka mengoleksi 63 poin dari 18 kali menang dan 9 kali meraih hasil imbang.

Sedangkan Persib Bandung, klub baru Kambuaya dan Irianto finis sebagai runner-up di bawah sang , .

Kedua pemain tersebut menjadi rekrutan pertama Persib Bandung musim ini. Persib menjelaskan alasan di balik perekrutan dua punggawa Timnas Indonesia itu.

“Usia yang masih muda menjadi pertimbangan PERSIB dalam kesepakatan untuk bekerja sama lebih satu musim, Ricky Kambuaya selama dua tahun sedangkan Rachmat Irianto tiga musim,” tulisnya lagi.

Dengan bertambahnya dua pemain berlabel Timnas Indonesia itu, maka skuad asuhan Robert Rene Alberts diprediksi akan menggila di musim depan. Juara BRI Liga 1 bukan tidak mungkin untuk diraihnya.

Selama membela Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya menampilkan permainan yang cukup impresif. Ia hanya tidak bermain ketika akumulasi kartu atau sedang dilanda cidera. Musim lalu, Kambuaya turun sebanyak 18 kali dan menorehkan 6 gol dan 2 assist.

Sedangkan Rachmat Irianto turun sebanyak 21 kali dalam ajang BRI Liga 1. Keduanya bisa saja diturunkan lebih sering andaikata jadwal BRI Liga 1 tidak bertabrakan dengan agenda Timnas Indonesia.

Musim lalu, ada dua agenda Timnas yang membuat keduanya absen membela Persebaya. Pertama yakni Piala AFF yang di mana Indonesia keluar sebagai runner-up. Kedua adalah agenda Matchday yang diselenggarakan pada akhir Januari lalu.