Rolando Kwateh dan Marselino Ferdinan Bikin Media Vietnam Ketar-ketir
Marselino Ferdinan, , dan Saddil Ramdani

NOBARTV NEWS – Dipanggilnya Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan ke skuad Timnas Indonesia di ajang U-19 rupanya menjadi pembicaraan media asal Vietnam, Soha.vn. Berdasarkan rilis dari media tersebut, kehadiran kedua pemain tersebut membuat Timnas Indonesia semakin berbahaya.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia dan Vietnam tergabung di grup A . Selain Vietnam, ada juga Timnas Thailand, Myanmar, Brunai Darussalam, dan . Sedangkan grup B diisi oleh Timnas Malaysia, , Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Atas kehadiran duo punggawa Timnas Indonesia tadi, skuad diprediksi akan tampil menggila. Bahkan, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia U-19 akan keluar sebagai .

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong menargetkan anak asuhnya mendapatkan emas dalam ajang ini. Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia diyakini mampu mengulang prestasi yang mereka raih pada tahun 2013 silam.

Nama Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sangat tidak asing di kancah sepak bola ASEAN. Kedua pemain muda ini bahkan sudah mendapatkan capsnya bersama timnas senior. Di event 2021 Vietnam beberapa waktu lalu, Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sama-sama menjadi tulang punggung Timnas Indonesia.

Di event tersebut (SEA Games), Ronaldo menjadi satu-satunya pencetak gol Indonesia dalam perebutan tempat ketiga melawan Timnas Malaysia. Beruntung, ketika pertandingan berlanjut hingga babak adu penalti, Timnas Indonesia mampu keluar sebagai juara.

Sedangkan Marselino Ferdinan sukses mencetak dua gol dalam ajang tersebut. Di event lainnya yakni Kualifikasi , pemain muda milik Persebaya Surabaya ini juga turut menjadi pencetak gol dalam laga pamungkas Timnas Indonesia melawan . Gol Marselino juga mengantarkan Timnas Indonesia ke ajang prestisius seantero Asia yakni Piala Asia 2023.

Jadi, wajar saja jika media asal Vietnam itu sedikit ketar ketir. Dua pemain yang kaya pengalaman akan memperkuat tim rival. Yang lebih menohok lagi, Timnas muda Vietnam akan berhadapan dengan Timnas Indonesia di laga perdana grup A di Stadion Patriot Candabraga pada tanggal 2 Juli mendatang.

“Pelatih Shin Tae-yong menegaskan bahwa tujuan Timnas Indonesia adalah memenangkan Kejuaraan Asia Tenggara U-19 saat memegang keunggulan tuan rumah,” tulis Soha.

“Di angkatan U19 Indonesia saat ini, ada 2 pemain yang dipanggil ke timnas dan U23, Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan,” tutup media tersebut.