Ricky Kambuaya, Nyawa Lini Tengah Indonesia yang Jarang Dibicarakan
Ricky Kambuaya saat berseragam

NOBAR TV NEWS – sukses mengalahkan Timnas untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari satu minggu. menang dengan skor cukup meyakinkan, 3 – 0. satu gol dicetak oleh pemain Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya.

Siapa Ricky Kambuaya?

Kambuaya saat ini terdaftar sebagai pemain Persebaya Surabaya. Sebelumnya, pemain kelahiran Sorong 5 Mei 1996 itu pernah membela PS Mojokerto Putra dan . Hanya satu musim bermain untuk klub yang berdomisili di Kabupaten Sleman, Persebaya Surabaya kepincut hingga kemudian ia berlabuh ke klub Jawa Timur tersebut. Hasilnya? Ia menjadi langganan baik Timnas Indonesia maupun klub yang dibelanya.

Ketika orang-orang lebih sering menyebut nama Arhan Pratama, Dewangga, Egy Maulana atau beberapa nama lainnya, Ricky Kambuaya nyaris tidak terdengar namanya. Padahal, pemain yang selalu menjadi pilihan Shin Tae-Yong ini justru memiliki nilai vital pada laga-laga yang dijalankan Timnas Indonesia. Kambuaya selalu bermain tenang. Sangat jarang untuk kita menyaksikannya dalam keadaan tergesa-gesa.

Setiap kali menggiring bola, seolah-olah kedua kaki Kambuaya sudah terkoneksi dengan si kulit bundar. Ia menggiring seperti orang berjalan namun penuh dengan perhitungan. Ia melewati lawannya seolah bola tidak berada di kakinya. Pergerakan santai seolah ia tidak sedang menekan lawan. Akan tetapi, ketika ia sudah memberikan umpan atau melepaskan tembakan, semua orang berdecak kagum seolah tadi tidak terjadi apa-apa.

Begitupun yang kita saksikan pada dua laga yang dijalani Timnas Indonesia kontra Timor Leste. Ricky Kambuaya sempurna. Orang-orang jarang membicarakannya, tapi kontribusinya untuk tim benar-benar maksimal.

Ricky Kambuaya berkontribusi dalam dua laga tersebut. Pada pertemuan pertama, Kambuaya memberikan satu gol untuk Timnas Indonesia. Gol tersebut menjadi pelecut semangat Timnas Indonesia sehingga mampu mengembalikan keadaan.

Pada laga semalam, ia turut mencetak gol ditambah satu assist untuk gol pertama Timnas Indonesia. Memberikan umpan terobosan datar, sukses mencungkil bola dengan tenang.

Gol penutup yang kemudian dicetak Kambuaya membuat Shin Tae-Yong memberikan applaus kepadanya. Gol penutup yang benar-benar berkelas. Ia menyonteknya dengan benar-benar pelan namun akurat. Menggambarkan bagaimana penampilannya di lapangan. Kambuaya keluar sebagai man of the match pada laga tersebut.

Semoga penampilan Ricky Kambuaya selalu konsisten hingga kemudian hari. Sehingga Indonesia menjadi lebih terkendali dan tentunya mengalir dari satu kaki ke kaki.

We love you, Ricky Kambuaya!