Pulang dari Kuwait, STY Pimpin Garuda Muda di Piala AFF U-19
Shin Tae-Yong

NOBARTV NEWS Indonesia U-19 telah tiba di Indonesia pada Selasa, kemarin. Mereka baru saja mengikuti Piala Toulon 2022 di Prancis. Selain itu, mereka juga sempat berlatih dan beruji coba sebelum terbang ke Indonesia.

Di Piala Toulun 2022, Ronaldo Kwateh dkk hanya mampu mempersembahkan ke-10 untuk Indonesia. Mereka takluk dari Aljazair di perebutan peringkat ke-sembilan.

Selama menjalani fase grup (Piala Toulon), tergabung di grup B bersama Timnas Venezuela, , dan Meksiko. Dari tiga laga fase grup tersebut, hanya mampu menang sebanyak satu kali dari Timnas . Itupun dengan skor tipis 1 – 0.

Kini, mereka pulang ke tanah air. Dengan demikian, Dzenan Radoncic selaku pelatih sementara akan menyerahkan kembali kuasanya kepada pelatih sebenarnya, Shin Tae-Yong.

Shin Tae-Yong sendiri segera pulang ke Indonesia bersama skuad Garuda setelah bermain di Kualifikasi di Kuwait. Selama berada di Kuwait, berhasil menang sebanyak 2 kali dan kalah 1 kali. Berkat dua kemenangan itu, Indonesia akhirnya lolos ke sebagai salah satu runner-up terbaik.

Berita Terkait:  Moncer di Laga Ujicoba, Berikut Alasan STY Coret Irfan Jaya

Usai membawa Timnas Indonesia akhirnya tampil ke Piala Asia, Shin Tae-Yong akan kembali menukangi Timnas Indonesia U-19 dalam event lain. Event tersebut adalah Piala AFF U-19 yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Bertempat di dua lokasi, Jakarta dan Bekasi, Timnas Indonesia U-19 tergabung di grup A bersama dua tim kuat yakni U-19 dan Thailand U-19. Serta beberapa tim lain seperti Brunai Darussalam, Myanmar, dan Filipina.

Event tersebut (Piala AFF U-19) akan dimulai pada bulan depan. Namun persiapan akan segera digeber usai Shin Tae-Yong tiba di Indonesia (dari Kuwait). Pelatih asal itu memiliki yang sangat padat untuk bulan-bulan ke depan.

“Alhamdulillah saat ini tim U-19 Indonesia sudah tiba di Jakarta. Dalam waktu dekat mereka akan menjalani pemusatan latihan jelang mengikuti Piala AFF U-19,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

“Pelatih Shin Tae-yong begitu selesai membawa Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia di Kuwait langsung memimpin Tim U-19 untuk ajang Piala AFF U-19,” tambahnya.

Berita Terkait:  Serba-serbi Timnas Indonesia: Pembagian Pot Kualifikasi Piala Asia sampai Jadwal Piala AFF U-23

Piala AFF U-19 direncanakan akan dimulai pada tanggal 2 sampai 15 Juli mendatang. Gelar menjadi target untuk Timnas muda Indonesia. Terlebih dengan persiapan yang lumayan banyak, maka gelar merupakan harga mutlak yang harus diberikan oleh Ronaldo Kwateh dkk.