PSSI Minta Timnas Indonesia Tiru Prestasi Timnas Kanada
Pratama Arhan mencoba keluar dari tekanan pemain Timnas

NOBARTV NEWS – Kesuksesan Timnas menjadi buah bibir pada saat diumumkannya rangking FIFA terbaru beberapa waktu yang lalu. Lonjakan peringkat yang dialami sangat drastis. Terhitung dari tahun 2014 hingga kemarin (Februari ), Timnas Kanada naik 89 tingkat.

Lonjakan drastis itu menjadi atensi banyak orang termasuk federasi sepakbola , PSSI.

Dalam laman resminya, PSSI menulis, “Membangun timnas yang berkualitas memang butuh proses. Bahkan proses yang tidak pernah selesai atau never ending proses. Bukan pekerjaan sekali jadi,”

“Perlu kerja keras, kesabaran dan pengorbanan. Bisa jatuh bangun seperti Kanada atau negara-negara lain. Tapi optimisme, motivasi dan semangat juang pada ujungnya bisa membawa kecerahan bagi .” Tambahnya lagi.

Kesuksesan Timnas Kanada tidaklah instan. Begitupun jika Indonesia ingin menirunya. harus bisa memanfaatkan kesempatan dalam laga-laga yang tercatat di kalender FIFA seperti .

Pada bulan Desember 2020 kemarin, Timnas Kanada menempati posisi 72. Kini, mereka (Timnas Kanada) sudah berada di posisi 33. Sebuah perubahan yang luar biasa.

PSSI meminta agar Timnas Indonesia meniru prestasi yang ditorehkan oleh negara yang berbatasan langsung dengan negeri Paman Sam, itu.

Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-Yong pun tidak bisa dibilang tidak berkembang dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan ini.

Dalam kurun waktu 4 bulan lamanya, Shin Tae-Yong sudah memperbaiki Timnas Indonesia. Timnas Indonesia berhasil naik 15 tingkat dalam kurun waktu yang disebutkan tadi.

Tim nasional kita memang harus belajar. Tapi, kembali lagi ke awal, PSSI lah yang bisa mengubahnya. Membuat jadwal yang tidak bertabrakan, membina bibit muda sedini mungkin, membuat peraturan yang berlaku dan merata untuk setiap klub.

Atau, bisa juga dengan mendorong pemain Indonesia untuk berkarir di luar negeri. Hal itu bisa dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan klub luar sehingga talenta muda Indonesia dimudahkan ketika ingin berkarir di sana.

Jika menilik rangking FIFA, bukan hanya sepak bola pria Kanada saja yang bersinar. Untuk timnas wanitanya, Kanada menempati posisi 6 di bawah dan Belanda.

Semoga Timnas Indonesia bisa meniru jejak Kanada. Sebab, pada dasarnya, harapan PSSI sama dengan harapan ratusan juta rakyat Indonesia.