Profil Timnas Hongkong, Calon Lawan Timnas Indonesia, Salah Satu Anggota EAFF
Timnas Hongkong (Jersey merah) ketika melawan Timnas di Timur 2022

NOBARTV NEWS – Timnas Hongkong menjadi tim yang paling realistis untuk menjadi lawan Indonesia di FIFA Matchday mendatang. sendiri telah mengumumkan tiga calon lawan Timnas Indonesia. Selain Hongkong, dua tim lainnya adalah Timnas dan Curacao.

Beberapa faktor menjadi alasan kenapa Hongkong menjadi tim yang paling dimungkinkan (jadi lawan Indonesia). Pertama, Indonesia terpaut beberapa peringkat di rangking FIFA dan kedua, jarak kedua negara tidak sejauh dua negara lainnya.

Saat ini, Timnas Hongkong bertengger di posisi 145 dunia. Sedangkan dua tim lainnya, Timnas India menempati posisi 104 FIFA dan Timnas Curacao berada di posisi 84.

Timnas Curacao bisa dibilang ‘hampir’ mustahil untuk menjadi lawan Timnas Indonesia. Alasan pertama pernah dikemukakan oleh melalui rilis resminya.

Beberapa waktu lalu, melalui rilis resminya tersebut, mengeluh karena beberapa pemain dan staf Timnas Curacao belum melakukan vaksinasi. Sedangkan laga FIFA Matchday ini akan dilangsungkan di Indonesia – yang di mana syarat untuk masuk ke negara ini wajib melakukan vaksin secara lengkap.

Berita Terkait:  Netizen Indonesia Usai Vietnam Dibantai Malaysia 3 – 0 : Syukurin, Karma!

Alasan kedua, jarak antara Curacao dan Indonesia sangatlah jauh. Berbeda dengan India dan Hongkong yang masuk zona Asia, Curacao masuk zona Amerika Selatan. Tentunya dalam hal ini PSSI lebih memilih untuk melawan tim terdekat terlebih dahulu.

Maka hanya Hongkong dan India lah yang paling realistis untuk menjadi lawan Timnas Indonesia. Jika Timnas India dikenal dengan tim yang memiliki full skuad lokal. Lalu bagaimana dengan Hongkong?

Timnas Hongkong merupakan tim yang masuk dalam sub-konfederasi EAFF atau Asia Timur. Saat ini, Timnas Hongkong tengah mengikuti ajang Timur bersama beberapa tim yang tergabung di sub-konfederasi yang sama seperti , China, hingga Korea Selatan.

Tim yang diarsiteki oleh asal , Jörn Andersen ini baru saja memastikan dirinya tampil di ajang 2023. Sama halnya seperti Timnas Indonesia, Hongkong melaju ke 2023 lewat jalur runner-up terbaik. Menariknya, Hongkong satu grup dengan Timnas India yang juga sama-sama melaju ke putaran tersebut.

Berita Terkait:  Shin Tae-Yong Apresiasi Kehadiran Suporter di Sesi Latihan Timnas Indonesia

Adapun di sisi skuadnya, Timnas Hongkong didominasi oleh pemain yang berkompetisi di liga lokal. Namun beberapa pemain Timnas Hongkong juga berkarir di luar negeri. China menjadi negara tujuan para pemain abroad Timnas Hongkong.

Tercatat, dari total 26 pemainnya, 3 di antaranya bermain di klub luar negeri. Tiga pemain tersebut adalah Vas Nuñez (Liga Super China – MZ Hakka), Nok-Hang Leung (Liga Super China – ZJ FC), Chun-Lok Tan (Liga Super China – GZ City).

Jika Hongkong terpilih sebagai lawan tanding Timnas Indonesia, maka wajib bagi Garuda Nusantara meraih kemenangan. Hongkong tak ubahnya seperti Indonesia, diperkuat oleh beberapa pemain abroad dan kebanyakan dari mereka bermain di kompetisi domestik. Selain itu, peta kekuatan keduanya juga tidak jauh berbeda – jika kita lihat dari rangking FIFA.