Piala AFF U-19 : Laga Hidup Mati Garuda Muda vs Myanmar
Punggawa

NOBARTV NEWS muda akan berhadapan dengan Myanmar di laga terakhir grup A Piala AFF U-19. Laga tersebut akan tersaji pada malam hari ini, di Stadion Patriot, Candabraga Bekasi pukul 20.00 WIB. Laga tersebut bisa disaksikan secara langsung di stasiun televisi swasta, Indosiar.

Sejauh ini, terdapat tiga tim yang memiliki peluang sama untuk lolos ke babak berikutnya (Semifinal Piala AFF U-19). Tiga tim tersebut adalah , Vietnam, dan Thailand. Vietnam dan Thailand akan saling berhadapan di laga terakhirnya.

Jika bermain imbang 0 – 0 melawan Thailand, Vietnam otomatis lolos sebagai juara grup dan menyingkirkan tim Gajah Perang alias Thailand. Tapi syarat ini berlaku jika juga memenangkan laga. Sebab jikalau ternyata kalah dari Myanmar, maka berapapun hasil dari Thailand vs Vietnam tetap membawa keduanya lolos ke babak semifinal karena jumlah poin keduanya tidak mungkin terkejar oleh Timnas yang mengalami kekalahan.

Lalu bagaimana jika mereka (Vietnam vs Thailand) bermain imbang 1 – 1 atau lebih dan Indonesia juga menang atau Myanmar? Maka poin yang mereka miliki pun akan sama yakni 11. Hasil sama kuat 1 – 1 atau lebih membuat Timnas Indonesia tersingkir karena kalah head to head dengan kedua tim tersebut.

Berita Terkait:  SEA Games 2021 : Indonesia Menang, Filipina dan Timor-Leste Dipastikan Gugur dari Grup A

Dalam Piala AFF U-19 tahun ini, klasemen setiap grup tidak berasal dari selisih gol akan tetapi dari head to head. Jadi, lolos tidaknya Timnas Indonesia tidak terjamin meski dkk menang atas Myanmar. Padahal, jika menggunakan selisih gol, Indonesia jauh unggul di atas dua tim tersebut. Sejauh ini, dkk telah mencetak 12 gol dan hanya kebobolan 1 gol saja.

Kemarin, sempat tersiar jika selisih gol menjadi patokan dalam peringkat grup. Namun ternyata hal itu sudah tidak digunakan lagi. Dengan demikian, di samping menang atas Myanmar, suporter Indonesia juga harus banyak berdoa agar vs Thailand memiliki pemenang agar tim yang kalah otomatis poinnya disalip oleh Timnas Indonesia.

Agar lebih mudah dipahami, berikut penjelasan rincinya. Timnas bisa lolos ke babak semifinal dengan dua syarat :

1. Menang atas Myanmar dan laga antara Vietnam vs Thailand memiliki pemenang.

2. Menang atas Myanmar dan laga antara Vietnam vs Thailand berakhir imbang tanpa gol. Sebab jika imbang minimal satu sama, Indonesia terpaksa angkat kaki karena kalah head to head dari kedua tim tersebut.

Berita Terkait:  SEA Games 2021 : STY Sebut Beberapa Pemain Inti Absen di Laga Kontra Vietnam