Pemain-pemain Berlabel Timnas Indonesia Laris Manis di Bursa Transfer, Siapa Saja?
Ramai Rumakiek saat sedang berebut bola dengan pemain Timnas Australia

NOBARTV NEWS – Berstatus sebagai pemain , beberapa pemain ini menjadi buruan di bursa transfer musim ini. Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya adalah salah dua pemain yang turut meramaikan bursa transfer kali ini.

Beberapa tim di BRI Liga 1 sudah merekrut beberapa pemain pilihannya untuk mengarungi kompetisi musim depan. Persib Bandung yang di musim lalu finis sebagai runner-up BRI Liga 1, kini sudah merekrut dua pemain Timnas . Keduanya adalah Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto.

Namun sebetulnya, tampil sebagai bagian dari skuad Timnas Indonesia belum menjamin si pemain untuk diminati klub lain. Tapi berbeda dengan pemain timnas Indonesia kali ini. Selain tampil baik dengan tim nasional, juga tampil memukau bersama klub yang dibelanya.

Ricky Kambuaya adalah salah satu pemain yang tampil sangat baik dengan Persebaya Surabaya dan Timnas Indonesia. Meski sudah berusia di atas 23 tahun, banyak netizen yang menginginkan agar dirinya pindah ke luar negeri. Hal ini disebabkan kompetisi domestik BRI Liga 1 Indonesia tidak memiliki kejelasan terkait kompetisi yang seringkali mandek di tengah jalan. Selain itu, fasilitas dan pelatihan di luar dijamin lebih baik dari klub-klub Indonesia.

Sayang, pemain kelahiran Sorong itu malah hijrah ke klub sesama liga Indonesia.

Begitupun dengan Rachmat Irianto. Bek muda yang juga bisa bermain di posisi gelandang bertahan itu hijrah ke Persib Bandung dengan durasi kontrak selama 3 tahun. Padahal, di usianya yang masih terbilang muda, Irianto diharapkan mampu bersaing di klub besar Asia Tenggara seperti – lebih-lebih di Selatan atau Jepang.

Laris manisnya pemain berlabel Timnas Indonesia patut kita syukuri. Namun akan lebih baik lagi jika kepindahan mereka bukan ke sesama klub liga Indonesia.

Selain keduanya, berikut beberapa pemain berlabel Timnas Indonesia yang digosipkan maupun dipastikan resmi pindah klub di musim ini.

1. Rachmat Irianto (Persebaya Surabaya ke Persib Bandung)*
2. Ricky Kambuaya (Persebaya Surabaya ke Persib Bandung)*
3. (Bhayangkara FC ke Arema FC)*
4. Ramai Rumakiek ( Jayapura ke Arema FC)**
5. (Arema FC ke – )-
6. Hansamu Yama Pranata (Bhayangkara FC ke )***
7. Adam Alis (Bhayangkara FC ke Arema FC)***
8. (Persib Bandung ke Arema FC)***
9. Firza Handika (Persikabo 1973 ke Persija Jakarta)***
10. Hanif Sjahbandi (Arema FC ke Persija Jakarta)***

Keterangan :

* : Resmi
** : Rumor
*** : Eks Pemain Timnas Indonesia
– : Belum diketahui

Jumlah tersebut bisa bertambah seiring berjalannya bursa transfer yang belum ditutup hingga saat ini.