Pelatih Sabah Puji Saddil Ramdani, Layakkah Ia Bela Timnas Indonesia Lagi?
Saddil Ramdani dengan jersey

NOBARTV NEWS – Mantan pelatih Malaysia yang saat ini menangani FC memberikan komentar terkait anak asuhnya, Saddil Ramdani. Menurutnya, Saddil adalah pesepakbola terbaik di Tenggara.

Ong King Swee pernah menjabat sebagai pelatih Timnas Malaysia dari jenjang umur hingga tim seniornya. Kini, ia disibukkan menangani Sabah FC di Liga Super Malaysia. Ong King Swee ditunjuk sebagai pelatih Sabah sejak tahun 2021 lalu.

Di Sabah, Ong King Swee melatih salah satu talenta asal Indonesia, Saddil Ramdani. Sayang, pemain yang terkenal dengan ‘gocekan pecel lele’ itu tidak dilirik oleh pelatih , Shin Tae-Yong. Meski penampilannya cukup gemilang, Shin Tae-Yong lebih memilih pemain yang berkompetisi di liga lokal.

Berbanding terbalik dengan coach Shin, Ong King Swee justru memuji Saddil setinggi langit. Performa Saddil menunjukkan peningkatan pasca sembuh dari cidera yang dideritanya.

“Melihat pemain muda dengan kualitas yang dia miliki, menurut saya dia (Saddil) adalah pemain terbaik di Asia Tenggara,” ungkap Ong King Swee.

Ong King Swee membandingkan kualitas Saddil dengan bintang , Chanathip Songkrasin. Saat ini, Chanathip tercacat sebagai pemain dengan biaya transfer tertinggi Liga . Ia pindah dari Hokkaido Consadole Sapporo ke Kawasaki Frontale dengan nilai transfer mencapai 55 miliar rupiah.

“Saya tidak menyangkalnya. Saya telah bertemu dengan banyak pemain Asia Tenggara, seperti Chanathip (Songkrasin). Kami bertemu dengannya di ,” lanjut Ong King Swee.

Saddil diharapkan mampu bermain gemilang hingga akhir musim nanti. Bukan tidak mungkin namanya terpilih untuk SEA Games atau 2023. Jika performanya mentereng, Shin Tae-Yong layak mencoba mantan pemain Persela Lamongan ini.

“Dia masih muda. Umurnya baru 22 (tahun). Dengan kemampuan yang dia miliki, kecepatan, serta kedewasaan di lapangan, maka saya percaya Saddil akan menjadi pemain andalan kami di tahun ini,” komentar Ong King Swee terhadap Saddil.

Mengingat usianya masih terbilang muda, Saddil layak dipanggil membela Timnas Indonesia dengan catatan ia tampil apik dengan klubnya. Namun, semua keputusan ada di tangan Shin Tae-Yong.

Berposisi sebagai pemain sayap, mampukah Saddil menarik perhatian pelatih Timnas Indonesia itu – guna menjadi pelapis Egy maupun ?