Pelatih Myanmar Sebut Timnas Indonesia Lebih Baik dari Vietnam
Velizar Popov

NOBARTV NEWS – Secara mengejutkan, tampil cemerlang di pertandingan perdana A SEA Games 2021. Anak asuh Velizar Popov itu berhasil mengemas kemenangan 3 – 2 ketika berhadapan dengan Timor-Leste U-23 di laga perdananya.

Tidak sampai di situ, mereka juga mampu menjungkalkan di laga keduanya. Hingga matchday ke-dua grup A SEA Games 2021, Timnas Myanmar mampu mengemas 6 poin sempurna.

Bahkan, secara mengejutkan, Timnas Myanmar takluk dengan skor kecil ketika berhadapan dengan tuan rumah sekaligus juara bertahan, Timnas . Sangat berbeda dengan Timnas U-23 – yang di mana anak asuh Shin Tae-Yong itu dipermalukan Vietnam tiga gol tanpa balas.

Sayang, jumlah poin (6) yang didapatkan Timnas tidak menjamin mereka lolos ke babak semi-final. Ada satu ujian yang harus dilaluinya. Yakni menang atas Timnas Indonesia U-23 di laga pamungkas grup A. Timnas Myanmar U-23 wajib menang. Jika imbang apalagi kalah, maka peluang mereka untuk tembus ke babak semifinal pupus sudah.

Dewi fortuna tidak memihak Myanmar, di laga terakhir vs Timnas Indonesia U-23, anak asuh Velizar Popov itu takluk 3 – 1 dari Marc Klok dkk. Hasil tersebut membuat mereka tertahan di posisi ketiga klasemen akhir grup A. Sedangkan Timnas Indonesia U-23, dengan tambahan tiga poin membuat mereka bertengger di posisi kedua dan berhak melaju ke babak semifinal. Timnas Indonesia U-23 unggul 3 poin dari Timnas Myanmar.

Usai laga tersebut (Indonesia vs Myanmar), Timnas Myanmar U-23, Velizar Popov mengakui kekalahannya dari Timnas Indonesia U-23.

“Sulit untuk mengomentari gaya sepak bola Indonesia U-23 dan ketika mereka memiliki gaya bermain dan taktik yang berbeda,” ujar Popov.

Popov kemudian membandingkan dua tim yang mengalahkannya itu kemudian menyebut Timnas Indonesia U-23 jauh lebih berbahaya dan efektif dalam menyerang.

“Untuk adilnya, Timnas Indonesia U-23 lebih cepat, memiliki bola yang lebih berbahaya, kuat dalam serangan balik dan bermain kreatif, Vietnam U-23 memiliki kekuatan fisik yang baik, pertahanan yang baik,” tutup Popov.