Kim Pan-gon

NOBARTV NEWS –  resmi memperkenalkan pelatih baru asal yaitu Kim Pan-gon, Kim Pan-gon sendiri sebelumnya adalah Kepala Komite Pelatih Asosiasi Selatan (KFA) dan pernah mendepak Shin Tae-yong usai gagal di 2018.

Sebelum menjadi Kepala Komite Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA), Kim Pan-gon lebih dulu melatih Hongkong pada tahun 2012 hingga 2017.

Menurut laporan dari media Korea Selatan yang cukup terkenal yaitu Chosun, Kim Pan-gon pernah menjadi pahlawan Korea Selatan karena berhasil memberikan banyak prestasi untuk Timnas Korea Selatan senior dan saat ia menjabat sebagai Kepala Komite Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA).

Prestasi tersebut cukup penting bagi perkembangan sepak bola Korea Selatan karena saat itu sepak bola Korea Selatan sedang krisis kepercayaan dari para suporter usai kalah di Piala Dunia 2018.

Saat itu Korea Selatan di latih oleh Shin Tae-yong dan kekalahan tersebut membuat Kim Pan-gon selaku Kepala Komite Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) langsung mendepaknya dan digantikan oleh Paulo Bento.

Shin Tae-yong seusai dipecat lalu mendapatkan tawaran dari Timnas dan kini menjadi pelatih .

Kim Pan-gon sendiri sempat meluruskan mengapa ia mendepak Shin Tae-yong usai Korea Selatan gagal di Piala Dunia 2018, ia merasa keputusan itu terbaik untuk timnas Korea Selatan namun ia juga memuji Shin Tae-yong yang berhasil menyemangati para pemain di laga terakhir melawan Jerman dan berhasil menang 2-0 dalam laga tersebut.

“Saya lebih suka membela Shin Tae-yong. Saya tidak mendapatkan dukungan apa pun, tetapi saya melakukan yang terbaik,” kata Kim Pan-gon dalam wawancaranya dengan Chosun pada 2018.

Kim Pan-gon memuji Shin Tae-yong dan mengatakan bahwa Shin Tae-yong adalah pemimpin yang bisa melakukan hal-hal besar di masa depan.

“Sementara itu, keberhasilan mengalahkan Jerman harus sangat dievaluasi. Dia adalah pemimpin yang bisa melakukan hal-hal besar di masa depan,” ujarnya mengenai Shin Tae-Yong.

Kini Kim Pan-gon melatih Timnas Malaysia dan kemungkinan besar bisa bertemu dengan Shin Tae-yong, menarik untuk kita lihat dan nantikan pertemuan itu.